Apakah Pinjaman Online Bisa Hangus Jika Tidak Dibayar? Simak Penjelasan Lengkapnya

- 13 Mei 2024, 15:33 WIB
Ilustrasi pinjaman online atau pinjol.
Ilustrasi pinjaman online atau pinjol. /Antara/

JURNAL NGAWI - Pertanyaan seputar apakah pinjaman online (pinjol) bisa hangus jika tidak dibayar menjadi sorotan dalam beberapa waktu terakhir di Indonesia.

Dalam beberapa kasus, masyarakat menolak untuk membayar pinjaman online dengan alasan tertentu, dan banyak yang menganggap bahwa utang pinjol akan hangus begitu saja. Namun, seberapa benarkah hal ini?

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan bahwa masih banyak masyarakat yang sengaja tidak membayar tagihan pinjol, terutama pada pinjol ilegal.

Alasan di balik perilaku ini seringkali terkait dengan stigma bahwa utang pinjol akan terlunasi dengan sendirinya.

Dalam perspektif hukum perdata, mantan Menko Polhukam Mahfud MD mengemukakan bahwa pinjol ilegal tidak sah. Banyak syarat yang tidak dipenuhi oleh pinjol ilegal, baik dari segi subjektif maupun objektif.

Oleh karena itu, pinjaman yang diterima dari pinjol ilegal dianggap tidak sah secara hukum dan dapat diabaikan. Jika tetap ditagih, peminjam dapat melaporkannya kepada pihak berwajib.

Baca Juga: 3 Daftar Pinjaman Online Tanpa KTP: Solusi Cepat untuk Dana Mendesak

Baca Juga: Daftar Aplikasi Pinjaman Online Resmi OJK: Pilihan Aman untuk Kebutuhan Dana Darurat

Namun, berbeda halnya dengan pinjol legal yang telah memperoleh izin dari OJK. Pinjol legal telah memenuhi persyaratan hukum yang berlaku, sehingga pinjaman yang diberikan kepada debitur dianggap sah secara hukum.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah