Kata Dokter inilah Rata-rata Gula yang Aman Kamu Konsumsi Setiap Hari

- 14 Mei 2024, 09:47 WIB
Ilustrasi gula pasir.
Ilustrasi gula pasir. /Pexels/mali maeder/

JURNAL NGAWI - Sudah bukan rahasia lagi jika gula punya efek buruk pada kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara berlebih. Lalu, berapa rata-rata gula yang harus dikonsumsi setiap hari? Simak kata dokter ahli kesehatan berikut ini. Kamu akan mendapatkan pengetahuan penting untuk menjaga kesehatan kadar gula dalam tubuh.

Gula adalah karbohidrat yang secara alami mempermanis banyak makanan dan juga ditambahkan ke banyak produk olahan untuk meningkatkan rasanya. Meskipun mengurangi asupan gula sangat dianjurkan untuk kesehatan, mengetahui jenis gula mana yang boleh dinikmati dan mana yang harus dibatasi sangatlah penting.

Terdapat gula alami, seperti fruktosa dalam buah dan laktosa dalam susu, yang disertai dengan nutrisi, serat, dan mineral. Di sisi lain, gula tambahan dimasukkan selama pemrosesan atau persiapan makanan. Gula tambahan ini memberikan rasa manis yang menggugah selera, namun tidak memiliki nilai gizi dan sayangnya, bahkan membahayakan kesehatan.

Jessica Tilton, MS, ahli diet klinis senior di Pusat Kanker MD Anderson Universitas Texas menjelaskan, meskipun gula adalah sumber energi utama, tubuh memproses gula tambahan secara berbeda dibandingkan gula tambahan.

Gula tambahan digunakan dengan cepat untuk menghasilkan energi, atau dengan cepat diubah menjadi penyimpanan lemak. Hal ini dibandingkan dengan pelepasan energi yang lambat dari gula alami yang ditemukan dalam makanan utuh, yang mendukung hormon, kesehatan jantung dan tulang, membantu pencernaan, dan berkontribusi pada pola makan seimbang.

Sebelumnya, para ahli klinis menguraikan berapa banyak gula yang harus Kamu makan dalam sehari untuk membantu menurunkan risiko kondisi kronis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Baca Juga:

Berikut jumlah gula yang aman per hari, menurut dokter ahli

Menurut Pedoman Diet untuk Orang Amerika 2020-2025, setiap orang yang berusia dua tahun ke atas harus menjaga konsumsi gula tambahan di bawah 10% dari asupan kalori hariannya. Bagi seseorang yang mengikuti diet 2.000 kalori, ini berarti tidak lebih dari 50 gram gula tambahan, atau sekitar 12,5 sendok teh, per hari.

American Heart Association mengatakan batas gula harian bahkan lebih spesifik.

  • Pria sebaiknya mengonsumsi tidak lebih dari 36 gram (atau sembilan sendok teh, 150 kalori) gula tambahan setiap hari.
  • Wanita sebaiknya mengonsumsi tidak lebih dari 25 gram (atau enam sendok teh, 100 kalori) gula tambahan setiap hari.

Sebagai gambaran, satu gelas soda seberat 12 ons dapat mengandung hingga 32 gram (delapan sendok teh) gula tambahan. “Jika seorang wanita mengonsumsi salah satu soda tersebut setiap hari, dia sudah kelebihan gula,” kata Tilton.

Halaman:

Editor: Zayyin Multazam Sukri


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah