PPP Gagal Tembus Ambang Batas Parlemen, PDI Perjuangan Raih Tambahan Kursi di Jawa Timur

- 12 April 2024, 17:47 WIB
PDIP Unggul, PPP Turun Drastis dalam Real Count Pemilu 2024
PDIP Unggul, PPP Turun Drastis dalam Real Count Pemilu 2024 /Jurnal Ngawi /

JURNAL NGAWI - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) harus meratapi kegagalan mereka dalam Pemilu 2024, setelah tidak mampu mencapai ambang batas parlemen empat persen secara nasional.

Rekapitulasi suara menunjukkan PPP hanya berhasil meraih 3,87 persen suara, sehingga mereka terpaksa harus menyerahkan kursi-kursi DPR RI yang seharusnya mereka dapatkan.

Salah satu dapil yang terkena dampak dari kegagalan PPP adalah Dapil Jawa Timur 3, yang meliputi daerah Banyuwangi, Bondowoso, dan Situbondo.

PPP seharusnya mendapatkan satu kursi dari dapil tersebut, namun karena tidak memenuhi ambang batas parlemen, kursi tersebut berpindah tangan ke PDI Perjuangan.

Baca Juga: PDIP Jatim Rayu Khofifah Indar Parawansa untuk Pilgub Jatim 2024

Caleg PPP seperti SY Anas Thahir yang sebelumnya diyakini akan memperoleh kursi dari dapil ini, sekarang harus menerima kenyataan bahwa perjuangan mereka tidak membuahkan hasil.

Sebagai gantinya, PDI Perjuangan mendapat tambahan kursi, dengan Sonny Tri Danaparamita dan Ina Ammania menjadi perwakilan mereka di dapil tersebut.

Selain dari Dapil Jatim 3, PPP juga kehilangan kursi di Dapil Jatim 8 dan Jatim 11. Sejumlah caleg PPP seperti Ema Umiyyatul Chusnah dan Achmad Baidowi harus menerima kenyataan pahit ini.

Baca Juga: DPC PDIP Kabupaten Kediri Siapkan Dukungan untuk Mas Dhito di Pilkada 2024

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah