7 Destinasi Wisata Religi di Pulau Madura: Menelusuri Jejak Para Tokoh Agama

- 14 Mei 2024, 12:42 WIB
Makam Syaikhona Kholil terletak di Jalan Mertajasah, Tajasah, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan.
Makam Syaikhona Kholil terletak di Jalan Mertajasah, Tajasah, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan. /Istimewa/Jurnal ngawi

JURNAL NGAWI - Pulau Madura, selain dikenal dengan budayanya yang kental dan unik, juga merupakan destinasi wisata religi yang kaya akan sejarah dan warisan spiritual.

Banyak tokoh agama penting dalam penyebaran Islam di Indonesia yang lahir dan wafat di sini, menjadikan Madura sebagai tujuan ziarah bagi para pelancong dari seluruh Nusantara.

Berikut ini adalah tujuh tempat wisata religi di Madura yang patut dikunjungi.

1. Aer Mata Ibu Arosbaya

Aer Mata Ibu Arosbaya terletak di Makam Air Mata, Buduran, Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Tempat ini buka 24 jam dan tidak dikenakan biaya tiket masuk. Fasilitas yang tersedia meliputi area ziarah, tempat ibadah, tempat istirahat, dan kios makanan. Tempat ini sangat cocok untuk mereka yang mencari ketenangan spiritual dan ingin merasakan kedamaian.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Religi di Kediri Paling Terkenal Mulai Menara Asmaul Husna - Petilasan Sri Aji Jayabaya

2. Makam Syaikhona Kholil Bangkalan

Makam Syaikhona Kholil terletak di Jalan Mertajasah, Tajasah, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan. Makam ini buka 24 jam dan tidak dikenakan biaya tiket masuk. Fasilitas yang tersedia antara lain kamar mandi, masjid, bangku istirahat, penjual makanan dan minuman khas Madura, serta toko oleh-oleh. Syaikhona Kholil adalah salah satu tokoh penting dalam penyebaran Islam di Madura, dan makamnya menjadi pusat ziarah yang ramai dikunjungi.

3. Makam Sultan Abdul Kadirun Bangkalan

Makam Sultan Abdul Kadirun terletak di Demangan Barat, Demangan, Kabupaten Bangkalan. Tempat ini juga buka 24 jam dan gratis untuk dikunjungi. Fasilitas yang tersedia adalah area ziarah. Sultan Abdul Kadirun adalah tokoh yang sangat dihormati, dan makamnya menjadi tempat berziarah yang penting bagi umat Muslim.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Religi Terkenal di Tuban, Bumi Wali

4. Makam Sunan Cendana

Makam Sunan Cendana berada di Ketetang, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan. Makam ini buka 24 jam dengan akses gratis. Fasilitas yang tersedia meliputi area ziarah. Sunan Cendana adalah salah satu tokoh penyebar agama Islam di Madura yang jasanya sangat dihargai.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah