Surabaya Vaganza 2024: Meriahkan Hari Jadi Kota Surabaya ke-731 dengan Tema 'The Chronicle of Surabaya'

- 27 Mei 2024, 22:14 WIB
Warga Kota Surabaya dan pengunjung dari luar kota membanjiri jalan-jalan utama dalam perayaan Surabaya Vaganza 2024. Rangkaian acara yang digelar untuk menyemarakkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731 ini dihadiri ribuan orang yang antusias menikmati berbagai penampilan menarik sepanjang rute par
Warga Kota Surabaya dan pengunjung dari luar kota membanjiri jalan-jalan utama dalam perayaan Surabaya Vaganza 2024. Rangkaian acara yang digelar untuk menyemarakkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731 ini dihadiri ribuan orang yang antusias menikmati berbagai penampilan menarik sepanjang rute par /

JURNAL NGAWI - Warga Kota Surabaya dan pengunjung dari luar kota membanjiri jalan-jalan utama dalam perayaan Surabaya Vaganza 2024. Rangkaian acara yang digelar untuk menyemarakkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731 ini dihadiri ribuan orang yang antusias menikmati berbagai penampilan menarik sepanjang rute parade dari Tugu Pahlawan hingga Alun-Alun Surabaya.

Event tahunan ini dimulai dengan Parade Mobil Hias yang diikuti berbagai instansi. Menyusul di belakangnya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Ketua TP PKK Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi tampil menawan dalam busana Manten Pegon. Mereka didampingi oleh Forkopimda Kota Surabaya, menambah kemeriahan dan keunikan acara tahun ini.

Setelah rombongan Wali Kota, Pawai Budaya yang diikuti berbagai etnis menyusul, menampilkan keragaman budaya nusantara.

Surabaya Vaganza kali ini lebih meriah dengan tema "The Chronicle of Surabaya" yang menggambarkan perjalanan panjang sejarah Kota Pahlawan dari masa ke masa.

“Alhamdulillah tahun ini lebih meriah karena Surabaya Vaganza tahun ini memiliki tema yang menceritakan sejarah Surabaya dari masa lampau sampai hari ini, jadi dari sebelum kerajaan, masa kolonial, metropolitan, sampai saat ini. Jadi, kita mengajak warga untuk mengingat kembali sejarah Surabaya,” ujar Wali Kota Eri seusai acara.

Dalam upaya mendukung tema tahun ini, Wali Kota Eri dan istrinya mengenakan busana Manten Pegon, yang menjadi salah satu kebanggaan Surabaya.

Eri Cahyadi menegaskan pentingnya mengingat dan melestarikan busana tradisional ini sebagai bagian dari identitas budaya Kota Surabaya.

“Saya harus mengenalkan kembali, mengingatkan kembali kepada warga bahwa kita punya kebanggaan, yaitu Busana Manten Pegon. Karenanya, kita sebagai warga Kota Surabaya harus terus mengingat bahwa Busana Manten Pegon ini adalah kebanggaan Kota Surabaya,” tegasnya.

Meskipun Surabaya Vaganza 2024 sudah berlangsung sukses dan meriah, Wali Kota Eri berkomitmen bahwa acara tahun depan akan lebih spektakuler dan berbeda.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah