Eri Cahyadi Dan Warga Tumpah Ruah dalam Surabaya Vaganza 2024: Memeriahkan HUT Kota Surabaya ke-731

- 27 Mei 2024, 23:05 WIB
Warga Kota Surabaya dan pengunjung dari luar kota membanjiri jalan-jalan utama dalam perayaan Surabaya Vaganza 2024. Rangkaian acara yang digelar untuk menyemarakkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731 ini dihadiri ribuan orang yang antusias menikmati berbagai penampilan menarik sepanjang rute par
Warga Kota Surabaya dan pengunjung dari luar kota membanjiri jalan-jalan utama dalam perayaan Surabaya Vaganza 2024. Rangkaian acara yang digelar untuk menyemarakkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731 ini dihadiri ribuan orang yang antusias menikmati berbagai penampilan menarik sepanjang rute par /

 

JURNAL NGAWI - Ribuan warga Surabaya dan sekitarnya memenuhi jalan-jalan utama kota dalam acara Surabaya Vaganza 2024. Mereka berbaris sepanjang rute parade, dari Tugu Pahlawan hingga Alun-Alun Surabaya, menikmati serangkaian penampilan yang memukau.

Event ini diselenggarakan untuk merayakan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731, dengan tema besar "The Chronicle of Surabaya" yang mengisahkan perjalanan panjang sejarah Kota Pahlawan dari masa ke masa.

Surabaya Vaganza 2024 dimulai dengan Parade Mobil Hias yang diikuti oleh berbagai instansi pemerintah dan swasta. Parade tersebut kemudian diikuti oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Ketua TP PKK Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi, yang tampil elegan dengan busana Manten Pegon, salah satu kebanggaan tradisional Surabaya.

Baca Juga: Surabaya Vaganza 2024: Meriahkan Hari Jadi Kota Surabaya ke-731 dengan Tema The Chronicle of Surabaya

Dalam rombongan ini turut hadir pula Forkopimda Kota Surabaya, memperkuat kesan kemeriahan dan kebersamaan dalam perayaan ini.

Usai rombongan Wali Kota Eri, giliran Pawai Budaya yang menampilkan berbagai etnis dan budaya nusantara untuk unjuk gigi. Tema tahun ini, “The Chronicle of Surabaya”, menceritakan sejarah panjang kota ini dari era sebelum kerajaan, masa kolonial, hingga era metropolitan dan masa kini.

"Alhamdulillah tahun ini lebih meriah karena temanya menceritakan sejarah Surabaya dari masa lampau sampai hari ini. Jadi, dari sebelum kerajaan, masa kolonial, metropolitan, sampai saat ini. Kita mengajak warga untuk mengingat kembali sejarah Surabaya," ujar Wali Kota Eri Cahyadi seusai acara.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Eri menekankan pentingnya mengenalkan kembali busana Manten Pegon kepada warga Surabaya.

“Saya harus mengenalkan kembali, mengingatkan kembali kepada warga bahwa kita punya kebanggaan, yaitu Busana Manten Pegon. Karenanya, kita sebagai warga Kota Surabaya harus terus mengingat bahwa Busana Manten Pegon ini adalah kebanggaan Kota Surabaya,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah