Museum Trowulan Destinasi Wisata Bersejarah di Kota Mojokerto yang Wajib Dikunjungi

- 30 Mei 2024, 07:00 WIB
Museum Trowulan atau Museum Majapahit adalah museum arkeologi yang terletak di Dusun Unggahan, Desa Trowulan, pengunjung bisa dengan mudah menemukan lokasi museum dari jalur Surabaya-Mojokerto, tepatnya berada di Jalan Raya Trowulan
Museum Trowulan atau Museum Majapahit adalah museum arkeologi yang terletak di Dusun Unggahan, Desa Trowulan, pengunjung bisa dengan mudah menemukan lokasi museum dari jalur Surabaya-Mojokerto, tepatnya berada di Jalan Raya Trowulan /Jurnal ngawi/

 

JURNAL NGAWI - Museum merupakan tempat yang menampilkan kekayaan budaya dan sejarah suatu bangsa. Dengan koleksi artefak dan artefaknya yang unik, museum ini menjadi tujuan wisata yang menarik bagi para pecinta seni dan sejarah.

Di dalamnya, pengunjung dapat belajar tentang masa lalu, mengungkap kisah-kisah yang terpendam, dan merasakan perjalanan panjang umat manusia.

Museum Trowulan adalah museum arkeologi yang terletak di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Museum ini dibangun untuk melestarikan berbagai artefak dan temuan arkeologis yang terdapat di sekitar Trowulan.

Tempat ini merupakan salah satu tempat bersejarah terpenting di Indonesia yang terkait dengan sejarah Kerajaan Majapahit.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Religi Terkenal di Mojokerto, Mengunjungi Jejak Sejarah dan Spiritualitas

Baca Juga: Air Terjun Watu Lumpang: Salah Satu Rekomendasi Wisata Terpopuler di Kota Mojokerto

Peninggalan sejarah dari berbagai daerah di Jawa Timur dijaga dan dilestarikan oleh Museum Trowulan, Jalan Pendopo Agung, Desa Nglinguk, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Museum ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Mulai dari anak-anak hingga orang asing. Pengunjung juga diberikan pemandu yang menjelaskan sejarah koleksi museum.

Penguasa Mojokerto bernama R.A.A. Kromodjojo Adinegoro sangat mempengaruhi pendirian Museum Trowulan. Oudheeidkundige Vereebeging Majapahit (OVM) didirikan pada tanggal 24 April 1924 atas prakarsa dirinya dan arsitek Belanda Henry Maclaine Pont. OVM berlokasi di sebuah gedung di Trowulan, terletak di antara Jalan Rayal Mojokerto dan Jombang (kantor BP3 Trowulan saat ini).

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah