Sejarah Kota Surabaya dan Walikotanya dari Masa ke Masa

- 10 Juni 2024, 06:30 WIB
Icon Kota Surabaya
Icon Kota Surabaya /

JURNAL NGAWI - Kota Surabaya, yang sering disebut sebagai Kota Pahlawan, memiliki sejarah yang kaya dengan nilai-nilai kepahlawanan dan keberanian.

Nama Surabaya sendiri berasal dari dua kata dalam bahasa Jawa, yaitu "sura" yang berarti berani, dan "baya" yang berarti bahaya.

Secara harfiah, Surabaya diartikan sebagai keberanian menghadapi bahaya. Nilai ini tercermin dalam peristiwa-peristiwa sejarah yang telah terjadi di kota ini.

Soerabaja tempoe doeloe
Soerabaja tempoe doeloe

Salah satu peristiwa bersejarah yang terkenal adalah pertempuran antara Raden Wijaya dan Pasukan Mongol pimpinan Kubilai Khan pada tahun 1293. Pertempuran ini sangat signifikan hingga tanggalnya diabadikan sebagai tanggal berdirinya Kota Surabaya, yaitu 31 Mei.

Namun, yang paling membekas dalam ingatan masyarakat Surabaya adalah pertempuran pada 10 November 1945.

Pada hari itu, Arek-arek Suroboyo, sebutan untuk warga Surabaya, dengan persenjataan sederhana seperti bambu runcing, berani melawan pasukan sekutu yang dilengkapi persenjataan canggih.

Puluhan ribu warga Surabaya gugur dalam pertempuran ini. Peristiwa heroik ini kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan, dan menjadikan Surabaya dikenal sebagai Kota Pahlawan.

Selain dikenal sebagai kota yang penuh dengan nilai-nilai kepahlawanan, Surabaya juga memiliki sejarah panjang dalam bidang perdagangan. Letak geografisnya yang strategis di pesisir utara Pulau Jawa membuat Surabaya berkembang menjadi pelabuhan penting sejak zaman Kerajaan Majapahit pada abad ke-14.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah