KPU Ponorogo Prediksi Jumlah Pemilih Pilkada 2024 Meningkat

- 11 Juni 2024, 11:40 WIB
Ilustrasi Pencoblosan Pemilu di TPS
Ilustrasi Pencoblosan Pemilu di TPS /

JURNAL NGAWI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo memproyeksikan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 akan meningkat dibandingkan dengan pemilu legislatif dan pemilihan presiden sebelumnya.

Hal ini didasarkan pada data penduduk potensial pemilu (DP4) yang diterima KPU dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

Komisioner KPU Ponorogo, Ali Mahfudz, mengungkapkan bahwa DP4 yang diterima KPU menunjukkan adanya 771.168 calon pemilih, dengan rincian 379.846 pemilih laki-laki dan 391.322 pemilih perempuan.

"Ada potensi kenaikan mengacu DP4 yang kami terima," kata Ali Mahfudz di Ponorogo, Senin. "Potensinya, lumayan besar. Potensi Pilkada mendatang jumlah pemilihnya mencapai 771.168 jiwa."

Jumlah tersebut menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan DPT yang ditetapkan KPU Ponorogo pada pemilu sebelumnya, yakni sebanyak 758.688 jiwa. Untuk memastikan keakuratan data pemilih ini, KPU akan melakukan rekrutmen petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) yang akan bertugas pada Pilkada.

"Nanti, data DP4 itu bakal diturunkan ke setiap desa. Itu tugas pantarlih untuk mencocokkan dan meneliti kesesuaiannya," tambahnya.

Selain itu, KPU Ponorogo juga akan membagi jumlah DP4 dengan potensi pemilih di setiap wilayah untuk memetakan kebutuhan tempat pemungutan suara (TPS). Menariknya, meskipun jumlah pemilih meningkat, jumlah TPS diprediksi menurun dibandingkan pemilu Februari lalu.

"Jumlah TPS diprediksi turun dari pemilu lalu karena ada sejumlah ketentuan," kata Ali.

Dengan langkah-langkah ini, KPU Ponorogo berharap dapat menyelenggarakan Pilkada 2024 dengan lebih baik dan akurat, memastikan setiap suara masyarakat terhitung dengan tepat.***

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah