Tiga Siswa Smp Asal Ngawi Terseret Ombak di Pantai Drini Gunung Kidul

- 13 Juni 2024, 16:34 WIB
Tiga wisatawan remaja asal Ngawi, Jawa Timur, mengalami insiden terseret ombak di Pantai Drini, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.
Tiga wisatawan remaja asal Ngawi, Jawa Timur, mengalami insiden terseret ombak di Pantai Drini, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. /X@kabargunungkidul/

JURNAL NGAWI - Tiga wisatawan remaja asal Ngawi, Jawa Timur, mengalami insiden terseret ombak di Pantai Drini, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

Meskipun petugas Satlinmas telah memberikan imbauan untuk tidak bermain air terlalu ke tengah, insiden ini tetap terjadi.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Yogyakarta Wilayah Operasi II, Marjono, mengonfirmasi peristiwa tersebut. "Benar, tiga korban terseret arus ke tengah dan tenggelam," ungkapnya melalui pesan singkat pada Kamis (13/6/2024).

Ketiga remaja tersebut berinisial N (14), I (14), dan H (13). Menurut Marjono, kejadian ini terjadi sekitar pukul 10.00 WIB saat rombongan wisatawan dari sebuah SMP di Ngawi tiba di Pantai Drini dan langsung bermain air.

Marjono menjelaskan bahwa ketiga korban bermain di jalur kapal, yang diketahui sebagai jalur gelombang rip current, yaitu arus kuat yang bergerak menjauh dari pantai. "

Awalnya, petugas di lapangan sudah mengingatkan ketiganya berulang kali untuk tidak bermain air di lokasi tersebut. Namun, mereka tetap nekat bermain di jalur tersebut sehingga terseret arus dan tenggelam," tambah Marjono.

Petugas yang melihat kejadian tersebut segera melakukan upaya penyelamatan. Mereka mengevakuasi korban menggunakan kapal dan membawa mereka ke tepi pantai untuk diberikan perawatan.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun ketiga remaja mengalami syok dan lemas akibat terlalu banyak menelan air laut.

"Korban juga terlalu banyak minum air laut," ujar Marjono. Setelah kondisi mereka berangsur membaik, ketiga korban langsung kembali ke rombongan mereka.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub