Emil Dardak Pilih Fokus di Pilgub Jatim, Ketimbang Jadi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

- 21 Juni 2024, 05:50 WIB
Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak yang akan berduet lagi di Pilgub Jatim 2024
Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak yang akan berduet lagi di Pilgub Jatim 2024 /GALIH PRADIPTA/ANTARA FOTO

JURNAL NGAWI - Emil Dardak santer dikabarkan akan bergabung dalam kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebagai menteri. Spekulasi ini semakin menguat setelah Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua DPD PDIP Jatim, Said Abdullah, menyebut bahwa Emil sudah layak menjadi menteri, bukan lagi Wakil Gubernur Jawa Timur.

Namun, Emil Dardak menegaskan bahwa saat ini dirinya fokus untuk menjadi calon wakil gubernur (cawagub) Jatim bersama Khofifah Indar Parawansa di Pilkada 2024.

"Saya rasa sekarang sudah jelas bahwa presiden terpilih Pak Prabowo, wakil beliau juga Mas Gibran sudah menyampaikan bahwa Bu Khofifah ini satu paket dengan Mas Emil," kata Emil di Surabaya, Kamis (20/6/2024).

Emil menganggap wacana mengenai dirinya menjadi menteri di kabinet Prabowo-Gibran adalah hal yang wajar. Meski demikian, ia menekankan bahwa saat ini ia ingin fokus mendampingi Khofifah untuk memenangkan kontestasi Pilkada Jatim.

"Bahwa ada wacana, ada dinamika yang mengarah ke sana itu hanya bagian dari sebuah proses eksplorasi. Tapi saat ini, mari kita fokus kepada mandat yang telah resmi diberikan yaitu Jawa Timur," jelasnya.

Ketika ditanya apakah dirinya siap jika sewaktu-waktu diminta untuk bergabung dalam pemerintahan Prabowo-Gibran sebagai menteri, mantan Bupati Trenggalek ini memberikan jawaban diplomatis.

"Jadi di Indonesia, kita membangun dengan dua hal, satu adalah sektoral, dua adalah regional. Nah, Jatim sebagai provinsi dengan sumbangsih PDRB terbesar kedua di Indonesia, satu per enam dari perekonomian Indonesia, hampir 7 persen dari perekonomian Asia Tenggara tentu juga pembangunan regional di Jatim bukan sebuah tugas yang sederhana," ungkapnya.

"Dan tentunya merupakan mandat yang sangat-sangat penting juga bertugas di Jawa Timur dalam pembangunan Indonesia," tandasnya.

Respons Emil Dardak ini juga berkaitan dengan wacana PKB yang ingin menduetkan KH Marzuki dengan Risma dalam Pilgub Jatim. Namun, Emil tetap memilih fokus pada tanggung jawabnya saat ini di Jawa Timur.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub