KPU Jawa Timur Sukses Coklit 1.166.930 Pemilih di Hari Pertama, Catat Rekor Muri

- 25 Juni 2024, 01:41 WIB
Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim)
Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) /Jurnal ngawi/

JURNAL NGAWI - Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) berhasil menghimpun sebanyak 1.166.930 pemilih di hari pertama pencocokan dan penelitian (coklit) oleh petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih).

Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi, menjelaskan bahwa tahapan coklit untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jatim 2024 dimulai pada 24 Juni dan akan berlangsung hingga 24 Juli mendatang, selama 30 hari ke depan.

"Sebanyak 116 ribu pantarlih akan mendatangi rumah-rumah warga di 38 kabupaten/kota wilayah Jatim," ujar Aang Kunaifi kepada wartawan di Surabaya, Senin malam.

Mengacu pada data pemilihan umum (Pemilu) yang baru saja berlangsung, diperkirakan jumlah pemilih di Pilkada Jatim 2024 yang dijadwalkan pada 27 November mendatang mencapai sekitar 31 juta orang.

KPU Jatim menargetkan para pantarlih dapat melakukan coklit terhadap 1 juta pemilih per hari selama sebulan masa tugasnya.

Aang Kunaifi memastikan telah berkoordinasi dengan berbagai pihak serta meminta kerja sama masyarakat saat rumah mereka didatangi pantarlih demi kelancaran pelaksanaan coklit.

"Khususnya di wilayah pedesaan, pegunungan, kepulauan, hingga perumahan elit di perkotaan yang biasanya sulit diakses, KPU Jatim telah meminta bantuan dari berbagai pihak terkait," ujarnya.

Pencapaian coklit di hari pertama yang melampaui target satu juta lebih pemilih didaftarkan ke Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) melalui sebuah prosesi di Surabaya tadi malam.

"Kami daftarkan kepada Museum Rekor dengan harapan sebagai pelecut bagi kawan-kawan Pantarlih se-Jatim. Untuk hari pertama, setidaknya kita sudah mencapai target 1 juta lebih. Tapi tugas berat masih menanti karena masih ada sekitar 30 juta pemilih yang harus didatangi di seluruh wilayah Jatim," ucap Aang.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub