Sale Pisang Kartonyono: Oleh-Oleh Khas Ngawi yang Murah, Enak, dan Bikin Ketagihan!

- 18 Juni 2024, 08:40 WIB
Sale Pisang Kartonyono
Sale Pisang Kartonyono /Jurnal ngawi/

JURNAL NGAWI - Ngawi, sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Timur, terkenal dengan kekayaan kuliner yang menjadi andalan sektor Ekonomi Kreatif daerah tersebut.

Berkunjung ke Ngawi tidak akan lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh khas yang murah, enak, dan bikin ketagihan.

Salah satu buah tangan yang wajib dibeli adalah Sale Pisang Kartonyono, produk unggulan yang dibuat oleh Chuwi-lan, sebuah brand makanan ringan berbahan dasar pisang pilihan.

Sale Pisang Kartonyono
Sale Pisang Kartonyono

Chuwi-lan, yang berlokasi di Dusun Kedungmiri, Desa Sambirejo, Kecamatan Mantingan, merupakan usaha milik Bapak Bambang Irawan.

Usaha ini dijalankan dengan bantuan dua karyawan aktif yang setiap hari terlibat dalam produksi Sale Pisang. Ketika ada pesanan dalam jumlah besar, tenaga tambahan dengan sistem gaji harian biasanya diperlukan untuk memenuhi permintaan.

Proses produksi Sale Pisang Kartonyono menggunakan metode alami yang menjamin higienitas produk.

Pemilihan bahan baku pisang dilakukan dengan cermat, menggunakan pisang khusus yang didatangkan dari Kabupaten Sragen dan Kabupaten Ngawi.

Pisang tersebut kemudian dikeringkan hingga menyisakan sekitar 10% kadar air, sebelum masuk ke tahap penggorengan. Proses penggorengan menggunakan tepung pilihan yang menjadikan Sale Pisang Kartonyono empuk, kenyal, dan nikmat di lidah.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub