10 Rekomendasi Objek Wisata Religi di Magelang, Yang Wajib Di Kunjungi Oleh Peziarah

- 28 Mei 2024, 16:31 WIB
Terletak di Desa Magersari, makam ini dikenal dengan pesona keindahannya. Syeikh Subakir dikenal dalam cerita rakyat sebagai ulama yang membawa batu hitam untuk meredam amukan makhluk halus di Gunung Tidar.
Terletak di Desa Magersari, makam ini dikenal dengan pesona keindahannya. Syeikh Subakir dikenal dalam cerita rakyat sebagai ulama yang membawa batu hitam untuk meredam amukan makhluk halus di Gunung Tidar. /

 

JURNAL NGAWI - Magelang, kota yang terkenal dengan panorama alamnya yang menakjubkan, juga menawarkan berbagai objek wisata religi yang kaya akan nilai sejarah dan spiritual.

Destinasi-destinasi ini tidak hanya menawarkan ketenangan dan kedamaian, tetapi juga ilmu pengetahuan tentang sejarah peradaban agama Islam di Indonesia.

Berikut adalah beberapa rekomendasi objek wisata religi di Magelang yang patut Anda kunjungi.

1. Masjid Ash-Shirath

Masjid ini memiliki bentuk yang unik menyerupai Ka’bah dengan ukiran kaligrafi berwarna emas yang indah. Diresmikan pada 27 Oktober 2019, masjid ini terletak di Kampung Tidar Campur, Kelurahan Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan. Desain bangunannya yang unik dan artistik membuatnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

2. Masjid Al-Mahdi

Terletak di Perumahan Armada Estate, Jalan Delima Raya Nomor 42, Kelurahan Kramat Utara, masjid ini memadukan ornamen khas Tionghoa dengan arsitektur Islam. Masjid Al-Mahdi dibangun atas tanah wakaf seorang warga Tionghoa dan selesai pada April 2017, mencerminkan kerukunan antarbudaya di Magelang.

Baca Juga: Makam Syekh Subakir di Gunung Tidar: Rekomendasi Wisata Religi Terpopuler di Magelang

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Religi di Demak, Menelusuri Jejak Spiritual di Kota Wali

3. Masjid Agung Magelang

Masjid ini berdiri sejak tahun 1650 dan menjadi saksi bisu penyebaran Islam oleh para sunan di Tanah Jawa. Terletak di Jalan Alun-alun Utara Nomor 2, masjid ini menawarkan berbagai fasilitas seperti ruang perkantoran, perpustakaan, auditorium, dan Al-Quran serta bedug raksasa yang mengesankan.

4. Makam Kyai Raden Santri

Makam ini terletak di Gunung Pring, Muntilan. Kyai Raden Santri, yang memiliki nama asli Pangeran Singasari, merupakan salah satu penerus Kerajaan Mataram Islam yang lebih memilih memperdalam ilmu agama. Makam ini menjadi tempat ziarah yang populer bagi mereka yang ingin mengenang jasa beliau dalam penyebaran Islam.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah