Mantan Wali Kota Semarang, Soemarmo, Calon Kuat Di Pilkada Semarang 2024

- 11 Juni 2024, 06:05 WIB
Mantan Wali Kota Semarang, Soemarmo Hadi Saputro
Mantan Wali Kota Semarang, Soemarmo Hadi Saputro /

JURNAL NGAWI - Mantan Wali Kota Semarang, Soemarmo Hadi Saputro, kembali muncul di panggung politik dengan menyatakan kesiapannya untuk bertarung dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah Kota Semarang pada tahun 2024.

Dalam pertemuan dengan Desk Pilkada DPC Partai Gerindra Kota Semarang, Soemarmo menyampaikan kesiapannya untuk menjalani penjajakan dan pendalaman sebagai bakal calon wali kota Semarang.

Didampingi oleh putranya, Gumilang Febriansyah Wisnudananto, Soemarmo menerima undangan tersebut dengan baik.

Sebagai Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah, Soemarmo telah mendaftar sebagai bakal calon wali kota Semarang dalam penjaringan yang digelar DPC PKB Kota Semarang.

Namun, langkahnya ini juga diikuti dengan menghormati undangan dari Partai Gerindra, yang telah mengundangnya untuk melakukan penjajakan terkait peluangnya sebagai calon wali kota.

Dalam interaksi dengan pihak Gerindra, Soemarmo menyatakan bahwa ia telah meminta izin terlebih dahulu kepada DPW PKB Jateng dan DPC PKB Kota Semarang. Tindakan ini menunjukkan sikapnya yang menghargai etika politik dan konsultatif terhadap partai yang dipimpinnya.

Meskipun telah menyatakan kesiapannya untuk bertarung, Soemarmo belum terlalu aktif dalam mempromosikan dirinya. Ia memilih untuk memberi kesempatan pada calon lain untuk mendaftar terlebih dahulu. Sikap ini mencerminkan kehati-hatian dan penghormatan pada proses politik yang berjalan.

Soemarmo bukanlah sosok baru dalam dunia politik Semarang. Sebelumnya, ia telah dua kali bertarung dalam Pilkada Kota Semarang pada tahun 2010 dan 2015.

Meski pernah tersandung kasus korupsi yang mempengaruhi kredibilitasnya, Soemarmo optimis bahwa hal tersebut tidak akan memengaruhi kepercayaan masyarakat terhadapnya jika ia kembali maju sebagai calon wali kota.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah