Walikota Pekalongan Resmikan Area Parkir Kokarja untuk Mengurai Kepadatan Lalu Lintas

- 11 Juni 2024, 06:35 WIB
Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, secara resmi meresmikan area parkir Koperasi Karyawan Jasa (Kokarja) yang berlokasi di Jalan HA Djunaid
Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, secara resmi meresmikan area parkir Koperasi Karyawan Jasa (Kokarja) yang berlokasi di Jalan HA Djunaid /

JURNAL NGAWI - Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, secara resmi meresmikan area parkir Koperasi Karyawan Jasa (Kokarja) yang berlokasi di Jalan HA Djunaid, Kelurahan Buaran Kradenan, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan.

Peresmian ini dilakukan pada Senin, tanggal 10 Juni 2024, di depan RS Zaky Djunaid. Area parkir seluas 4.500 meter persegi ini bertujuan untuk mendukung pengaturan parkir di sepanjang Jalan HA Djunaid yang kerap mengalami kepadatan arus kendaraan.

Jalan HA Djunaid merupakan jalur vital di Kota Pekalongan, dengan banyaknya fasilitas publik seperti Gedung Pertemuan, Rumah Sakit, Pondok Pesantren, Sekolah, Gedung Olahraga (GOR), dan pasar tumpah (pasar tiban).

Kepadatan lalu lintas di kawasan ini seringkali menjadi masalah bagi masyarakat dan pengguna jalan. Oleh karena itu, keberadaan area parkir baru ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan di wilayah tersebut.

Walikota Pekalongan, yang akrab dipanggil Walikota Aaf, menyambut baik peresmian Area Parkir Kokarja ini. Dia mengungkapkan harapannya agar area parkir ini dapat menjadi fasilitas penunjang bagi masyarakat yang akan mengunjungi berbagai tempat seperti Gedung Pertemuan, Rumah Sakit HA Zaky Djunaid, Sekolah Al-Azhar, GOR Unggul Jaya, dan lainnya. Dengan demikian, diharapkan kepadatan di sepanjang Jalan HA Djunaid dapat terurai secara signifikan.

"Alhamdulillah, semoga dengan adanya area parkir Kokarja ini, kepadatan di sepanjang Jalan HA Djunaid dapat berkurang," ujar Walikota Aaf.

Selain itu, Walikota Aaf juga mengungkapkan bahwa di sekitar area parkir Kokarja disediakan 15 kios untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) atau pedagang yang beroperasi di sekitar kawasan tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendukung ekonomi lokal dan memberikan kemudahan bagi pedagang untuk berjualan.

Ketua Kokarja, Noor Akwan, menjelaskan bahwa pembangunan area parkir Kokarja dilatarbelakangi oleh kepadatan lalu lintas yang semakin meningkat di sepanjang Jalan HA Djunaid.

Dengan semakin bertumbuhnya gedung-gedung dan fasilitas umum di sekitar wilayah tersebut, kebutuhan akan tempat parkir yang memadai juga menjadi penting.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah