Partai Demokrat Raih 2 Kursi DPRD Kabupaten Ngawi dengan Perolehan 36.155 Suara

- 5 Maret 2024, 18:27 WIB
Rapat pleno terbuk kpu Ngawi
Rapat pleno terbuk kpu Ngawi /@kpungawi/

JURNAL NGAWI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngawi mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024, menegaskan dominasi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) sebagai penguasa legislatif setempat.

Namun, perhatian juga tertuju pada perolehan suara Partai Demokrat yang mampu memenangkan dua kursi di DPRD Kabupaten Ngawi dengan total suara sebanyak 36.155.

PDI-P berhasil mendominasi dengan memperoleh 20 kursi DPRD Kabupaten Ngawi, setelah berhasil mengumpulkan dukungan sebanyak 224.954 suara. Sementara itu, peringkat kedua ditempati oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 6 kursi dan 59.566 suara.

Baca Juga: PDI Perjuangan Kuasai DPRD Kabupaten Ngawi dengan 20 Kursi

Meskipun demikian, perhatian tetap tertuju pada prestasi Partai Demokrat yang berhasil meraih 2 kursi DPRD Kabupaten Ngawi, meskipun dengan jumlah suara yang cukup signifikan. Dengan demikian, Partai Demokrat menjadi salah satu kekuatan politik yang patut diperhitungkan di tingkat lokal.

Partai lainnya yang meraih kursi di DPRD Kabupaten Ngawi adalah Gerindra dengan 6 kursi dan 54.917 suara, Golkar dengan 5 kursi dan 60.012 suara, PKS dengan 3 kursi dan 35.948 suara, PAN dengan 2 kursi dan 20.765 suara, serta Hanura dengan 1 kursi dan 8.380 suara.

Perolehan suara yang diperoleh oleh Partai Demokrat menunjukkan keberagaman preferensi politik di masyarakat Kabupaten Ngawi. Dengan demikian, peran dan kontribusi Partai Demokrat di tingkat lokal menjadi sebuah catatan penting dalam dinamika politik daerah.

Pemilihan Umum 2024 di Kabupaten Ngawi tidak hanya menjadi ajang persaingan antarpartai politik besar, tetapi juga menggambarkan inklusivitas demokrasi yang semakin kuat, di mana suara-suara minoritas pun mendapat perhatian yang layak dalam pembentukan kebijakan daerah.

Meski Partai Demokrat meraih jumlah kursi yang tergolong kecil dibandingkan dengan dominasi PDI-P, keberhasilan mereka dalam meraih dukungan sebanyak 36.155 suara memberikan sinyal bahwa aspirasi dan pandangan politik mereka diakui oleh sebagian besar pemilih Kabupaten Ngawi.***

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x