PDIP Pertimbangkan Risma Sebagai Bakal Calon Gubernur Jawa Timur 2024

- 23 Juni 2024, 20:42 WIB
Tri risma harini kemensos
Tri risma harini kemensos /Pikiranrakyat

JURNAL NGAWI - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) belum memutuskan siapa yang akan diusung sebagai calon gubernur dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2024.

Namun, nama Menteri Sosial Tri Rismaharini menjadi salah satu tokoh yang disebut-sebut akan maju dalam kontestasi politik tersebut.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa partainya masih dalam tahap konsolidasi dan penyaringan nama-nama potensial yang akan diusung dalam Pilgub Jatim mendatang.

"Terkait pilkada gubernur akan diumumkan pada waktu yang tepat. Saat ini masih konsolidasi di seluruh jajaran partai. Bu Risma namanya memang ada yang mengusulkan sebagai calon gubernur," ujarnya dalam wawancara di Blitar, Jumat (21/6/2024).

Penyerapan Aspirasi dan Fokus PDIP

Hasto menambahkan, PDIP tengah menyerap aspirasi dari berbagai pihak, termasuk usulan mengenai pencalonan Tri Rismaharini. "Semua nama yang muncul akan dijaring sebaik-baiknya demi kemajuan Jawa Timur ke depan," kata Hasto.

Saat ini, PDIP lebih memfokuskan perhatian pada calon yang akan diusung di tingkat kabupaten/kota untuk Pilkada 2024. Hingga kini, partai tersebut telah mengeluarkan 130 rekomendasi di seluruh Indonesia.

"Untuk rekomendasi pada pilkada Kota Surabaya dikeluarkan pada pasangan tetap yakni Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji. Selain itu, untuk beberapa daerah juga dikeluarkan seperti Kabupaten Ngawi, Ponorogo, Sumenep, Kabupaten Kediri, hingga Trenggalek," jelasnya.

Survei dan Penjaringan Calon di Berbagai Daerah

Hasto mengungkapkan bahwa survei masih dilakukan di beberapa daerah seperti Kota Batu dan Kabupaten Malang. "Di Kota Blitar, masih dilakukan pendalaman. Kami mencari calon yang mampu menggelorakan semangat pemikiran Bung Karno, termasuk wawasan global yang dapat mengembangkan gagasan besar Bung Karno," katanya.

PDIP optimis dapat meraih perolehan kursi yang baik dalam Pilkada nanti. Hasto mencatat adanya peningkatan perolehan kursi di tingkat kabupaten/kota dalam Pemilu 2024, yang mencerminkan daya terima rakyat terhadap PDIP yang semakin kuat.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub