Menakjubkan! Ternyata Patung Budha Tidur Terbesar di Indonesia Terletak di Mojokerto, Simak Faktanya

- 10 Juni 2024, 06:00 WIB
Patung Buddha tidur raksasa berada di Maha Vihara Mojopahit di Desa Bejijong, Trowulan, Mojopahit.
Patung Buddha tidur raksasa berada di Maha Vihara Mojopahit di Desa Bejijong, Trowulan, Mojopahit. /Jurnal ngawi/

JURNAL NGAWI - Patung Buddha tidur raksasa berada di Maha Vihara Mojopahit di Desa Bejijong, Trowulan, Mojopahit. Yakni di sebelah selatan gedung Sasono Bhakti yang merupakan tempat ibadah umat Buddha.

Maha Vihara Mojopahit pandita Sariyono mengatakan, kisah pembangunan patung Buddha Tidur tidak lepas dari pembangunan Maha Vihara Mojopahit. Keduanya diprakarsai oleh Bhikkhu Viriyanadi Maha Tera. Biara ini dibangun pertama kali.

Menurutnya, Maha Vihara Mojopahit dibangun pada tahun 1987 dan diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur Soelarso pada 31 Desember 1989. Sementara itu, Patung Budha Tidur dibangun pada tahun 1993 dengan pematung asal Solo, Jawa Tengah. dan pematung dari Desa Bejijong dan Desa/Kecamatan Trowulan.

Patung Budha Tidur di Mojokerto
Patung Budha Tidur di Mojokerto

Patung Budha Tidur di Mojokerto berukuran panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter. Patung berlapis Kuningan ini sering disebut sebagai Buddha Mahaparinibbana.

Patung Buddha Tidur, patung ini menggambarkan momen wafatnya Buddha Gautama. Terdapat lima patung Budha Tidur di Indonesia, yang terbesar ada di Trowulan.

Patung dikelilingi relief perjalanan Buddha dalam mengajarkan dharma (di depan) dan hukum sebab akibat atau hukum karma (di belakang). Dulu, pengunjung dapat menggunakan bagian bawah patung untuk bermeditasi, namun kini tidak lagi demikian.

Kawasan vihara yang merupakan tempat peribadatan umat Buddha juga menjadi tujuan wisata masyarakat umum.

Pengunjung Maha Vihara Mojopahit dikenakan sedikit biaya. Pengunjung dewasa harus membayar Rp 5 ribu, sedangkan anak-anak hanya perlu membayar Rp 3 ribu.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah