Makam Habib Hasan Bin Thoha Bin Yahya, Rekomendasi Wisata Religi di Semarang Yang Wajib Di Kunjungi

- 11 Juni 2024, 10:10 WIB
makam Al-Habib Hasan bin Thoha bin Yahya
makam Al-Habib Hasan bin Thoha bin Yahya /Jurnal ngawi/

JURNAL NGAWI - Semarang, ibu kota Provinsi Jawa Tengah, tidak hanya dikenal sebagai kota yang kaya akan sejarah dan budaya, tetapi juga sebagai tujuan wisata religi.

Salah satu tempat yang selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah adalah makam Al-Habib Hasan bin Thoha bin Yahya.

Terletak di Jl. Duku, Lamper, Kota Semarang, makam ini menjadi magnet bagi banyak orang yang ingin berziarah dan mengenang jasa seorang ulama sekaligus pejuang yang berjasa dalam sejarah perjuangan melawan penjajahan Belanda.

Al-Habib Hasan bin Thoha bin Yahya: Singo Barong

Semasa hidupnya, Al-Habib Hasan bin Thoha bin Yahya dikenal sebagai seorang ulama yang dihormati dan pejuang yang tangguh. Ia mendapat julukan "Singo Barong" karena keberanian dan kegigihannya dalam melawan penjajah Belanda.

Tak hanya itu, ia juga memiliki hubungan keluarga dengan kesultanan Yogyakarta sebagai menantu dari Sultan Hamengkubuwono II.

Kontribusi dan perjuangannya dalam mempertahankan kedaulatan bangsa menjadi salah satu alasan mengapa makamnya selalu dipenuhi oleh para peziarah yang ingin mendoakan dan menghormatinya.

Warisan Perjuangan dan Keilmuan

Habib Hasan wafat pada tahun 1818, namun semangat perjuangannya tetap hidup dalam ingatan masyarakat. Setiap hari, makamnya dikunjungi oleh peziarah yang datang dari berbagai daerah, tidak hanya dari Semarang.

Mereka datang untuk berdoa, memohon berkah, serta mengenang jasa-jasa beliau yang telah berkorban demi tanah air dan agama.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah