Gunung Tidar, Destinasi Wisata Religi dan Alam di Jantung Kota Magelang

- 11 Juni 2024, 14:31 WIB
Gunung Tidar menjadi destinasi yang wajib dikunjungi saat berada di Magelang. Pastikan kamu mampir dan menikmati segala keunikan yang ditawarkan oleh Gunung Tidar ini!
Gunung Tidar menjadi destinasi yang wajib dikunjungi saat berada di Magelang. Pastikan kamu mampir dan menikmati segala keunikan yang ditawarkan oleh Gunung Tidar ini! /Jurnal ngawi/

JURNAL NGAWI - Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Magelang tanpa menginjakkan kaki di Gunung Tidar.

Terletak di tengah kota Magelang, Jawa Tengah, Gunung Tidar yang juga dikenal sebagai Kebun Raya Gunung Tidar, menjadi destinasi wisata yang tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi juga nilai religi dan pendidikan militer.

Gunung Tidar, "Paku Tanah Jawa"

Kepala UPT Kebun Raya Gunung Tidar menjelaskan bahwa Gunung Tidar dikenal sebagai “Paku Tanah Jawa”. Wisatawan dapat mencapai puncak gunung dengan menapaki 1.002 anak tangga, sebuah perjalanan yang sama saat ingin kembali.

Penataan wisata yang luasnya 70,1 hektar ini telah berlangsung secara bertahap sejak tahun 2014 dan selesai pada tahun 2017. Dahulu, jalur menuju puncak hanya berupa jalan setapak, namun kini telah diaspal dengan ubin dan dilengkapi anak tangga.

Tangga gunung tidar
Tangga gunung tidar

Fasilitas dan Kenyamanan untuk Wisatawan

Untuk kenyamanan pengunjung, terdapat beberapa area beristirahat pada beberapa titik di sepanjang jalur pendakian. Di sini, pengunjung dapat melepas lelah dan menikmati suasana teduh serta udara segar.

Selain itu, tersedia pula fasilitas umum seperti toilet dan tempat duduk. Tidak ketinggalan, spot-spot foto dengan latar pepohonan rindang siap menyambut para wisatawan yang ingin mengabadikan momen.

Akses Mudah dan Biaya Terjangkau

Menariknya, wisata ini bisa dikunjungi dengan tiket masuk yang sangat terjangkau, hanya Rp. 3.000,- saja. Wisatawan domestik yang datang biasanya terdiri dari rombongan pengajian dan pondok pesantren, sementara wisatawan mancanegara sering berasal dari Amerika, Eropa, Asia Timur, dan Timur Tengah.

Gunung Tidar beroperasi 24 jam setiap hari, siap melayani masyarakat yang memiliki kepentingan untuk wisata ziarah. Jalur pendakian yang dilengkapi penerangan memastikan keamanan bagi pengunjung, bahkan di malam hari.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah