Gunung Arjuno Permata Tersembunyi untuk Para Pendaki di Jawa Timur

- 23 Juni 2024, 12:15 WIB
Gunung Arjuno Wisata tersembungi di Jawa Timur rekomended untuk pendaki pemula
Gunung Arjuno Wisata tersembungi di Jawa Timur rekomended untuk pendaki pemula /IG @arjunowelirangofficial

JURNAL NGAWI - Salah satu rekomendasi gunung di Jawa Timur untuk pendaki pemula, Gunung Arjuno menyimpan sejuta keindahan alam yang harus dijaga oleh umat manusia. Berikut ulasan mendalam tentang Gunung Arjuno sebagai destinasi pendakian yang tak terlupakan.

Gunung Arjuno, terletak di Jawa Timur, menawarkan kombinasi unik dari tantangan alam dan keindahan lanskap yang memukau. Gunung ini menjadi salah satu tujuan pendakian yang sangat direkomendasikan bagi para pendaki di Indonesia, baik pemula maupun yang berpengalaman.

Keindahan Alam Gunung Arjuno

Gunung Arjuno memiliki ketinggian sekitar 3.339 meter di atas permukaan laut, menjadikannya salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa. Lanskapnya yang beragam, dari hutan pinus yang lebat, padang savana luas, hingga jalur berbatu, menjanjikan pengalaman mendaki yang tidak terlupakan.

Dari puncaknya, pendaki bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan dari kota-kota terdekat seperti Malang dan Surabaya, serta gunung-gunung lain di sekitarnya seperti Gunung Semeru dan Gunung Welirang.

Jalur Pendakian Gunung Arjuno

Puncak Gunung Arjuno
Puncak Gunung Arjuno Instagram @arjuno.welirang

Gunung Arjuno dapat diakses melalui beberapa jalur pendakian, namun dua di antaranya yang paling populer adalah Jalur Tretes dan Jalur Lawang. Jalur Tretes dikenal memiliki akses yang lebih menantang dengan trek yang lebih curam dan terjal, cocok bagi pendaki yang mencari tantangan lebih.

Sementara itu, Jalur Lawang lebih ramah bagi pemula dengan kemiringan yang lebih landai dan pemandangan yang tidak kalah indah. Kedua jalur ini menawarkan keunikan tersendiri dan dapat dipilih berdasarkan tingkat kesiapan fisik dan pengalaman mendaki.

Flora dan Fauna

Di sepanjang jalur pendakian, pendaki akan ditemani oleh kekayaan flora dan fauna yang beragam. Hutan tropis lembab di kaki gunung berisi berbagai jenis pohon dan semak belukar, termasuk beberapa spesies yang dilindungi.

Pendaki berkesempatan melihat fauna seperti monyet ekor panjang, berbagai jenis burung, dan jika beruntung, luwak yang masih liar. Keanekaragaman biologis ini menambah nilai plus dalam petualangan mendaki di Gunung Arjuno.

Halaman:

Editor: Zayyin Multazam Sukri


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub