Jalur Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Resmi Dibuka Kembali Setelah Setahun Penutupan

- 23 Juni 2024, 12:25 WIB
Jalur pendakian gunung arjuno - welirang
Jalur pendakian gunung arjuno - welirang /Jurnal ngawi/

JURNAL NGAWI - Setelah hampir satu tahun tertutup akibat kebakaran hutan yang melanda kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo,

Setelah hampir satu tahun tertutup akibat kebakaran hutan yang melanda kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, jalur pendakian ke Gunung Arjuno-Welirang kini resmi dibuka kembali mulai 15 Juni 2024.

Kebakaran besar yang terjadi pada bulan Juli hingga Agustus 2023 lalu memaksa penutupan seluruh jalur pendakian di wilayah ini, namun kini para pendaki dan pecinta alam dapat kembali menikmati keindahan dan tantangan yang ditawarkan oleh gunung legendaris ini.

Ahmad Wahyudi, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tahura Raden Soerjo, mengungkapkan bahwa pembukaan jalur ini dilengkapi dengan pembatasan kuota pendaki. “Kami batasi kuota per hari sebanyak 400 orang untuk seluruh jalur,” ujarnya pada Sabtu (15/6/2024). Langkah ini diambil sebagai upaya menjaga ekosistem yang masih dalam tahap pemulihan pasca kebakaran.

Selain pembatasan kuota, UPT Tahura Raden Soerjo juga memperkenalkan Standar Operasional Prosedur (SOP) baru untuk para pendaki, yang dirancang untuk mencegah insiden yang tidak diinginkan dan memastikan keamanan serta kelestarian kawasan gunung.

Gunung Arjuno-Welirang, yang dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau dan tantangan pendakiannya, memiliki empat jalur utama: Tretes di Prigen, Kabupaten Pasuruan; Tambaksari di Purwodadi, Pasuruan; Sumber Brantas di Cangar, Kota Batu; dan Lawang, Kabupaten Malang. Jalur-jalur ini, yang sempat ditutup akibat kebakaran besar pada Agustus 2023, kini kembali dibuka untuk para petualang.

Gunung Arjuno, yang berdampingan dengan Gunung Welirang, merupakan bagian dari gugusan Gunung Kembar I dan II. Kawasan ini berada dalam wilayah administrasi Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kabupaten Jombang, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Batu. Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo mencakup luas 27.868,30 hektar, terdiri dari Kawasan Hutan Lindung seluas 22.908,3 hektar dan Kawasan Cagar Alam Arjuno-Lalijiwo seluas 4.960 hektar.

Kebakaran pada Agustus 2023 menghanguskan lebih dari 4.800 hektar hutan di kawasan Gunung Arjuno-Welirang, memerlukan upaya pemadaman intensif termasuk metode water bombing dengan helikopter.

Dengan dibukanya kembali jalur pendakian, diharapkan para pecinta alam dapat kembali menikmati petualangan di Gunung Arjuno-Welirang sambil tetap menjaga dan menghormati aturan baru yang diterapkan untuk melestarikan alam dan memastikan keselamatan bersama.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub