Lawang Sewu Night Tour: Jelajahi Keindahan dan Sejarah Semarang di Bawah Cahaya Malam

- 23 Juni 2024, 17:18 WIB
Bangunan Lawang Sewu, salah satu tempat wisata di Semarang
Bangunan Lawang Sewu, salah satu tempat wisata di Semarang //Pexels/Jeffry Surianto

JURNAL NGAWI - Lawang Sewu, sebuah bangunan ikonik di pusat Kota Semarang, kini menawarkan pengalaman wisata malam yang unik bagi para penggemar sejarah dan arsitektur.

Melalui "Lawang Sewu Night Tour," para pengunjung dapat menikmati keindahan arsitektur bangunan bersejarah ini dalam suasana malam yang mempesona.

Program tur ini dikembangkan oleh KAI Wisata untuk memberikan perspektif baru dalam menikmati situs-situs bersejarah di Indonesia.

Keindahan Malam di Lawang Sewu

Lawang Sewu, yang berarti "Seribu Pintu" dalam bahasa Jawa, adalah salah satu bangunan peninggalan kolonial Belanda yang paling terkenal di Indonesia.

Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907, bangunan ini awalnya berfungsi sebagai kantor pusat Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS), perusahaan kereta api Hindia Belanda.

Hari ini, Lawang Sewu telah diubah menjadi museum yang menampilkan sejarah perkeretaapian Indonesia.

Namun, nilai sejarahnya tidak berhenti di sana. Lawang Sewu juga memainkan peran penting dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang pada tahun 1945, menjadi simbol perlawanan rakyat Semarang terhadap penjajah.

Dengan segala kekayaan sejarah dan arsitekturnya, tidak mengherankan jika Lawang Sewu menjadi destinasi yang sangat menarik, terutama saat malam tiba

Pengalaman Eksklusif di Lawang Sewu Night Tour

Direktur Utama KAI Wisata, Hendy Helmy, dalam pernyataannya pada Rabu, 19 Juni 2024, mengajak masyarakat untuk merasakan keindahan arsitektur Lawang Sewu di malam hari. Tur ini tidak hanya menyoroti keindahan bangunan, tetapi juga memberikan wawasan sejarah yang mendalam dan eksplorasi area-area yang biasanya tertutup untuk umum.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub