Cara Mudah Mendaftar Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 2024 Melalui Aplikasi Cek Bansos Kemensos

- 10 Februari 2024, 18:49 WIB
Hasil terbaru SIKS NG Pencairan BPNT dan PKH Lewat Kantor Pos
Hasil terbaru SIKS NG Pencairan BPNT dan PKH Lewat Kantor Pos /

jurnal Ngawi - Pemerintah Indonesia kembali meluncurkan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 2024 sebagai upaya untuk membantu keluarga miskin yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).

Program ini memberikan bantuan sebesar Rp200.000 per bulan atau total sebesar Rp2.400.000 per tahun yang dapat digunakan untuk membeli bahan pangan di e-warung terdekat.

Salah satu inovasi yang diperkenalkan dalam BPNT 2024 adalah kemudahan dalam proses pendaftarannya. Kini, masyarakat tidak perlu repot-repot datang ke kantor desa atau kecamatan. Cukup dengan menggunakan smartphone, proses pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Cek Bansos milik Kemensos.

Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk mendaftar BPNT 2024 melalui aplikasi Cek Bansos:

  1. Unduh Aplikasi Cek Bansos: Unduh aplikasi Cek Bansos melalui Play Store atau App Store di smartphone Anda. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan tidak memakan banyak kuota.

  2. Buat Akun Baru: Setelah mengunduh aplikasi, buka dan klik opsi "Buat Akun Baru". Isi data pribadi Anda sesuai dengan yang terdaftar di DTKS Kemensos. Pastikan untuk mengunggah foto KTP dan foto diri dengan memegang KTP untuk verifikasi identitas.

  3. Aktivasi Akun: Setelah membuat akun, Anda akan menerima email aktivasi dari Kemensos. Klik link aktivasi yang terdapat dalam email tersebut untuk mengaktifkan akun BPNT 2024 Anda.

  4. Login dan Daftar Usulan: Setelah mengaktifkan akun, login ke aplikasi Cek Bansos dengan username dan kata sandi yang telah dibuat. Pilih opsi "Daftar Usulan" dan lengkapi informasi tambahan seperti nomor KK, NIK, dan nomor kontak orang terdekat.

  5. Pilih BPNT 2024: Pilih jenis bantuan sosial yang Anda inginkan, yaitu BPNT 2024. Unggah foto rumah bagian depan Anda untuk verifikasi lokasi.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah