5 Tips Hapus Data di Pinjol meski Belum Lunas, Simak Cara Lengkapnya

- 23 Mei 2024, 17:48 WIB
Ilustrasi pinjol. Pinjol ilegal mendominasi pengaduan masyarakat di sektor jasa keuangan.
Ilustrasi pinjol. Pinjol ilegal mendominasi pengaduan masyarakat di sektor jasa keuangan. /Freepik-studiostock/

JURNAL NGAWI - Pinjaman online (pinjol) telah menjadi solusi cepat bagi banyak orang yang membutuhkan dana secara mendadak.

Namun, tidak sedikit yang mengalami kesulitan dalam melunasi pinjaman tersebut, sehingga muncul keinginan untuk menghapus data pribadi dari platform pinjol tersebut.

Meskipun bukan hal yang mudah, ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk mencoba menghapus data dari pinjol meskipun pinjaman belum lunas.

Baca Juga: Cara Cek KTP Terdaftar di Pinjol Apa Saja ! Simak Langkah-langkah dan Tips Pentingnya

Berikut adalah lima tips yang bisa Anda coba:

  1. Negosiasi dengan Pihak Pinjol Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah mencoba untuk bernegosiasi langsung dengan pihak penyedia pinjaman. Jelaskan kondisi keuangan Anda dan sampaikan keinginan Anda untuk menghapus data pribadi dari sistem mereka. Beberapa platform pinjol mungkin memiliki kebijakan tertentu yang memungkinkan penghapusan data dengan syarat-syarat tertentu.

  2. Gunakan Hak Privasi Anda Manfaatkan hak Anda berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) yang berlaku di Indonesia. Anda dapat mengirimkan permintaan resmi kepada penyedia pinjaman untuk menghapus data pribadi Anda. Meskipun pinjaman belum lunas, Anda memiliki hak untuk melindungi data pribadi Anda dari penyalahgunaan.

  3. Menghubungi Otoritas Terkait Jika negosiasi dan permintaan penghapusan data tidak membuahkan hasil, Anda dapat menghubungi otoritas yang berwenang, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Laporkan keluhan Anda dan mintalah bantuan mereka untuk menyelesaikan masalah ini.

  4. Menyelesaikan Pinjaman dengan Restrukturisasi Beberapa platform pinjol menyediakan opsi restrukturisasi pinjaman bagi peminjam yang kesulitan membayar. Cobalah untuk bernegosiasi mengenai restrukturisasi pinjaman sehingga Anda dapat melunasi pinjaman dengan syarat yang lebih ringan dan kemudian meminta penghapusan data setelah pinjaman dilunasi.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah