Sejarah Berdirinya AFF dan Negara- negara Pemenang Sepanjang Sejarah AFF

- 24 Januari 2022, 12:19 WIB
Gambar Logo AFF dan peta negara-negara anggota AFF
Gambar Logo AFF dan peta negara-negara anggota AFF /Jurnal Ngawi/Gambar Aseanfootbal

JURNAL NGAWI - Dimulai pada tahun 1982, keluarga ASEAN membentuk Federasi yang bertanggung jawab atas salah satu kejuaraan sepak bola terbesar di dunia, kejuaraan Sepak Bola AFF.

Pertemuan awal di Bangkok dihadiri oleh Dato' Seri Haji Hamzah Haji Abu Samah (Malaysia), Dato' Peter Velappan (AFC), Mr. Hans Pendelaki (Indonesia), Mr. Fernando G. Alvarez (Filipina), Mr. Pisit Ngampanich (Thailand), Tuan Teo Chong Tee (Singapura) dan Tuan Yap Boon Chuan (Singapura).

Pertemuan pertama Federasi Sepak Bola ASEAN atau AFF yang baru dibentuk diadakan dari tanggal 31 Januari 1984 hingga 1 Februari 1984 di Jakarta dan dihadiri oleh anggota dari Brunei DS, Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand.

Keenam negara yang bersangkutan merupakan anggota pendiri AFF. Pejabat pertama AFF dari Indonesia:
Ketua : Bpk. H. Kardono (Indonesia)
Wakil Presiden : Pengiran Ibrahim Pengiran Damit (Brunei DS)
Sekretaris Kehormatan: Dr. Johnny JL M (Indonesia)
Bendahara Kehormatan : Bpk. Gazfan S. Ali (Indonesia)

Pada tahun 1984 dan 1989 AFF menyelenggarakan empat edisi ASEAN Club Championship. Turnamen ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menentukan tim mana yang akan mewakili ASEAN di Asian Club Championships untuk melawan klub-klub terbaik di Asia.

Piala Champions ASEAN Pertama pada tahun 1984 dimenangkan oleh Bangkok Bank of Thailand mengalahkan Yanita Utama dari Indonesia 1-0 di final di Stadion Gelora Bung Karno di depan 80.000 penggemar.

Dengan hanya empat tim pada tahun 1985, Kuala Lumpur dari Malaysia muncul sebagai pemenang di depan Tiga Berlian dari Indonesia, Tiong Bahru CSC dari Singapura dan Kota Rangers dari Brunei.

Pada tahun 1988, Piala Champions ASEAN diadakan lagi di depan Pahang Kuala Lumpur dari Malaysia adalah pemenangnya, mengalahkan Pelita Jaya dari Indonesia.

Pada tahun 1994, FA Malaysia memprakarsai kebangkitan AFF. Kemudian AFF berkantor tetap di Kuala Lumpur, Malaysia setelah menggelar Kongres pertama padal 4 Februari 1994.

Pada 3 Juni 1996 di Kuala Lumpur menggelar Kongres AFF ke-5. Dengan ketua terpilih AFF periode 1996/1998 HE Tengku Tan Sri Dato' Seri Ahmad Rithaudeen Al-Haj Bin Tengku Ismail dari Malaysia mengambil alih kemudi sebagai presiden Federasi.

Halaman:

Editor: Anwar Thohir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x