Ini Dia 5 Buah Pereda Demam yang Baik Dikonsumsi saat Suhu Tubuh Naik

- 2 April 2024, 16:01 WIB
Ilustrasi demam.
Ilustrasi demam. /Pixabay/Victoria_Watercolor/

JURNAL NGAWI - Menghadapi kenaikan suhu tubuh, seperti demam, merupakan pengalaman yang umum dialami oleh banyak orang.

Suhu tubuh yang meningkat dapat menjadi pertanda bahwa tubuh sedang berjuang melawan infeksi atau penyakit. Dalam upaya meredakan demam, terutama pada anak-anak, penting untuk mengetahui cara yang aman dan efektif.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang terbukti memiliki sifat pereda demam.

  1. Buah Pir: Kaya akan nutrisi dan serat, pir merupakan buah yang baik untuk dikonsumsi saat mengalami demam. Kandungan airnya yang tinggi membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, sementara vitamin dan mineral di dalamnya membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  2. Jeruk: Jeruk kaya akan vitamin C, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi jus jeruk segar dapat membantu meredakan demam dan mempercepat pemulihan.

  3. Strawberry: Buah beri ini mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Selain itu, kandungan airnya yang tinggi membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan suhu tubuh terkendali.

  4. Semangka: Buah segar yang kaya akan air ini sangat baik untuk dikonsumsi saat mengalami demam. Kandungan air yang tinggi membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, sementara elektrolit alami di dalamnya membantu mempercepat proses penyembuhan.

  5. Apel: Apel mengandung senyawa antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu meredakan demam dan peradangan dalam tubuh. Kandungan seratnya juga membantu memperbaiki sistem pencernaan, yang seringkali terganggu saat sedang mengalami demam.

Penting untuk diingat bahwa buah-buahan ini sebaiknya dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan sehat secara keseluruhan. Selain itu, konsultasikan dengan dokter jika demam berlangsung lebih dari beberapa hari atau disertai gejala lain yang mengkhawatirkan.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x