Ketegangan dengan China Meningkat, Amerika Perkuat Kerjasama US - Taiwan

- 21 November 2021, 09:14 WIB
Ilustrasi mata uang China dan Amerika Serikat.
Ilustrasi mata uang China dan Amerika Serikat. / Reuters/Dado Ruvic/

JURNAL NGAWI - Pada Senin (22/11) besok, Amerika Serikat akan mengadakan dialog formal dengan Taiwan. Dialog formal kedua ini bertujuan memperkuat kerja sama komersial dan ekonomi antara Washington dan Taipei.

Pertemuan itu disebut Dialog Kemitraan Kemakmuran Ekonomi AS-Taiwan kedua. Dialog ink, adalah tanda terbaru bahwa pemerintahan Presiden AS Joe Biden bermaksud untuk terus mengembangkan hubungan yang lebih dekat dengan pulau demokrasi di tengah meningkatnya ketegangan dengan Beijing. Setelah Departemen Luar Negeri mengumumkan pada hari Jumat, yang memicu tanggapan marah dari kedutaan besar AS di Beijing.

Baca Juga: Kasus Anak Terinfeksi Covid 19 Meningkat, Singapura Akan Memperluas Vaksinasi

Pengumuman dialog itu datang setelah pertemuan virtual antara Biden dengan Presiden China Xi Jinping beberapa hari yang lalu. Pertemuan yang telah lama ditunggu-tunggu yang diadakan kedua pemimpin untuk mengatasi ketegangan yang meningkat di berbagai bidang, dengan Taiwan muncul sebagai salah satu yang paling kontroversial.

“Taiwan akan tetap menjadi titik nyala yang serius karena Biden dengan dukungan dan tekanan kuat dari kedua belah pihak akan terus meningkatkan kerja sama militer dan teknologi dengan Taipei,” Michael Hirson, kepala Asia Grup Eurasia dan mantan atase keuangan AS di China, mengatakan dalam catatan penelitian yang diterbitkan pada hari Jumat, (19/11), tepat sebelum pengumuman Departemen Luar Negeri.

Baca Juga: Tinggi Unsur Hara N,P,K Pada Urine Kelinci, Begini Cara Pembuatan dan Aplikasinya Pada Tanaman Padi

Delegasi AS akan dipimpin oleh wakil menteri untuk pertumbuhan ekonomi, energi dan lingkungan, Jose W Fernandez. Sedangkan, dari Taiwan akan dipimpin Menteri Ekonomi Wang Mei-hua dan Menteri Sains dan Teknologi Wu Tsung-tsong.

“Kemitraan kami dibangun di atas perdagangan dan investasi dua arah yang kuat, hubungan antar warga dan dalam pertahanan bersama kebebasan dan nilai - nilai demokrasi bersama,” kata Departemen Luar Negeri Amerika pada pengumumannya kemarin seperti dikutip dari scmp.com.

Baca Juga: Zodiak Hari ini 21 November 2021, Pertahankan Sikap Optimismemu Capricorn

Halaman:

Editor: Zayyim Multazam Sukri

Sumber: scmp


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x