3.607 Mahasiswa Baru Lolos SNBT 2024 di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

- 15 Juni 2024, 12:10 WIB
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta /Uns.ac.id/

 

JURNAL NGAWI - Sebanyak 3.607 calon mahasiswa berhasil diterima di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2024.

Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof Ahmad Yunus, mengumumkan pencapaian ini pada Jumat, menyoroti peningkatan signifikan dalam jumlah peminat program studi di UNS.

"Jumlah peminat pada jalur SNBT di UNS melonjak dari 58.695 pada tahun 2023 menjadi 101.449 pada tahun 2024, naik sebesar 72,85 persen," ujar Prof Ahmad Yunus. "Tingkat keketatan persaingan mencapai 1:28, yang berarti hanya 3,6 persen dari jumlah peminat yang berhasil lolos. Ini menunjukkan daya tarik dan keunggulan program studi di UNS."

Dari jumlah yang diterima melalui jalur SNBT, sebanyak 1.116 orang merupakan pemegang Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-Kuliah), sebuah bukti komitmen UNS dalam mendukung akses pendidikan untuk semua lapisan masyarakat.

Prestasi UNS semakin gemilang dengan menduduki peringkat kedua dari 20 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan jumlah pendaftar terbanyak pada SNBT 2024. "Ini menegaskan posisi UNS sebagai salah satu tujuan pendidikan favorit di Indonesia," tambahnya.

Prof Ahmad Yunus juga menyebutkan bahwa enam program studi dari Sekolah Vokasi (SV) UNS berhasil masuk dalam 20 besar program studi dengan tingkat keketatan tertinggi secara nasional pada SNBT 2024.

"Prodi Diploma 3 (D3) Farmasi menduduki peringkat pertama nasional sebagai prodi terketat, diikuti oleh Diploma 4 (D4) Keperawatan Anestesiologi di peringkat kedua, D3 Manajemen Bisnis di peringkat keempat, D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja di peringkat kedelapan, D3 Teknik Informatika di peringkat keempat belas, dan D3 Perpajakan di peringkat kelima belas," ungkapnya.

Selain itu, UNS juga berhasil masuk dalam 20 besar PTN dengan nilai rata-rata Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tertinggi, yaitu di peringkat kesepuluh dengan nilai rata-rata 626,25.

"UNS mencatatkan peserta dengan nilai UTBK tertinggi yang diterima, yaitu dari Prodi S1 Kedokteran dengan nilai 845,27, yang berada di peringkat dua puluh," tambah Prof Ahmad Yunus.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah