Kreatif, Pondok Pesantren di Jatim ini Bikin Bobok Terapi, Manfaatkan Para Alumni untuk Pemasaran

- 19 November 2021, 17:01 WIB
Bobok terapi produk dari Ponpes Ismul Haq, Mojokerto
Bobok terapi produk dari Ponpes Ismul Haq, Mojokerto /OPOP.jatimprov.go.id

JURNAL NGAWI - Pandemi covid-19 membuat permintaan produk herbal meningkat. Hal ini membuat Pesantren yang terletak di Jatirejo, Mojokerto semakin berinovasi dalam menciptakan beragam produk herbal.

Pondok Pesantren Ismul Haq yang merupakan salah satu pesantrenpren binaan One Pesantren One Product (OPOP) Jatim ini, telah sukses mengembangkan usaha obat-obatan herbal. Diantaranya bobok terapi serta macam-macam jamu herbal.

Shintya Agustin, Pengurus Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) mengatakan jika pesantren ingin berkontribusi pada negara dengan menciptakan produk yang bermanfaat. Khususnya juga untuk mensejahterakan lembaga-lembaga di bawah naungan Pondok Pesantren Ismul Haq.

Baca Juga: 6 Tanda Bos Ingin Anda Tetap Bekerja Untuknya, Nomor 5 yang Paling Disukai

“Tujuan kami dalam mengembangkan usaha ini sebagai sumbangsih kami akan peduli kesehatan di negara Indonesia,” ucapnya.

“Tentunya ini juga untuk mensejahterakan masyarakat pesantren, serta pemasukan yang kami dapatkan untuk operasional pesantren,” imbuhnya.

Baca Juga: Naturalisasi Pemain Keturunan Indonesia Dipercepat, Target Juara Piala AFF

Menurut Shintya, dalam proses pemasarannya, pesantren ini menerapkan cara yang cukup cemerlang, yaitu mengkombinasikan jasa dan produk.

“Kami mempromosikan produk obat-obatan herbal ini melalui beragam kegiatan. Seperti dengan bakti sosial yang biasa kami gelar. Kegiatan bakti sosial ini memberikan terapi kepada pasien kemudian pasien dianjurkan untuk membeli obat herbal kami. Di samping itu kami juga merambah digital marketing untuk mempromosikan produk,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Zayyim Multazam Sukri

Sumber: opop.provjatim.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah