10 Tips Sukses Bisnis Online, Kerja dari Rumah Untung Jutaan Rupiah

- 16 Mei 2024, 15:22 WIB
bisnis online Shop sendiri
bisnis online Shop sendiri /

JURNAL NGAWI - Era digital semua sudah serba online, salah satu perubahan zaman yang saat ini sedang kita hadapi. Bisnis sekarang harus beradaptasi dengan kondisi zaman sekarang ini. Oleh sebab itu, ikuti zaman dan mengolahnya menjadi keuntungan adalah satu hal yang harus kita lakukan. Artikel ini akan kita bagikan 10 tips sukses buka bisnis online untuk kalian pemula maupun yang sudah berjalan bisnis online-nya harus simak ulasan ini.

Sebelum buka bisnis online alangkah baiknya kamu tahu apa saja yang harus dipelajari agar tidak gulung tikar. Bisnis digital beda dengan bisnis konvensional terutama secara alat kerja yang kalian gunakan.

10 Tips Buka Bisnis Online

1. Pelajari Kebutuhan Konsumen di Sekitarmu

Berjualan barang ataupun jasa sama-sama harus berfokus pada apa yang dibutuhkan konsumen. Untuk mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen, Anda perlu mengetahui apa permasalahan yang sedang dihadapi oleh target konsumen. 

Setelah mengetahui fokus masalahnya, barulah Anda bisa menentukan produk atau jasa apa yang bisa Anda tawarkan untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan begitu, Anda tahu dengan benar bahwa produk Anda layak untuk dijual. 

Produk yang dapat mengatasi masalah dari target konsumen akan menarik minat lebih banyak pelanggan. Jika produk yang Anda jual sudah terbukti solutif, maka konsumen tidak akan ragu lagi untuk repeat order atau bahkan melakukan promosi pasif. Tentunya hal ini akan sangat bermakna untuk bisnis online rumahan.

Baca Juga:

2. Pelajari Kondisi Pasar

Tidak hanya fokus pada produk yang solutif, langkah kedua ini juga sangat penting sebelum memulai bisnis online Anda. Sebab ada banyak macam produk solutif yang bisa Anda jual. Namun, penting untuk menentukan jenis produk apa yang potensinya lebih besar untuk laku di pasaran. 

Misal, Anda punya ide untuk menjual masker karena mendengar kabar dari teman kalau semenjak pandemi hasil keuntungan yang Ia dapat cukup melonjak. Namun, kalau melihat kondisi pasar saat ini, apakah hal tersebut masih relevan? 

Oleh sebab itu, Anda harus memahami kondisi pasar dengan baik. Untuk mengetahui kondisi pasar sekaligus permintaan konsumen, Anda bisa melakukan berbagai macam approach, seperti wawancara ataupun survei secara langsung. Jangan ragu untuk berinteraksi secara langsung dengan calon pelanggan. 

Halaman:

Editor: Zayyin Multazam Sukri


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah