Kanada Juara Grup H FIBA World Cup 2023 Usai Beri Latvia Kekalahan Pertama

- 30 Agustus 2023, 10:54 WIB
Pemain Kanada Rj Barrett memasukkan bola saat melawan Latvia
Pemain Kanada Rj Barrett memasukkan bola saat melawan Latvia /Foto : fiba.basketball

JURNAL NGAWI - Timnas basket Kanada berhasil memastikan dominasi mereka di Grup H FIBA World Cup 2023 dengan kemenangan gemilang, menegaskan posisi mereka sebagai salah satu pesaing kuat untuk gelar juara. Mereka berhasil mengatasi perlawanan dari tim kejutan Latvia dalam pertandingan terakhir Grup H di Indonesia Arena, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Selasa (29/8/2023) malam dengan skor akhir 101-75.

Kemenangan ini adalah yang ketiga bagi Kanada setelah sebelumnya sukses mengalahkan Prancis dan Lebanon. Namun, Latvia harus merasakan kekalahan pertama mereka di fase grup ini. Meski demikian, Latvia tetap berhasil melaju ke babak selanjutnya sebagai wakil dari Grup H dalam babak grup kedua (Grup L).

Pada babak Grup L, Kanada dan Latvia akan berhadapan dengan dua tim wakil dari Grup G. Hasil dari pertandingan di grup masing-masing, ditambah dua pertandingan di Grup L, akan diakumulasi untuk menentukan dua tim yang berhak melangkah ke perempat final yang akan diadakan di Manila, Filipina.

Latvia berhasil menggebrak pada kuarter pertama dengan mencetak lima tembakan tiga angka yang sukses masuk, membawa tim asuhan Luca Banchi memimpin 23-12 pada akhir kuarter pertama.

 

 Baca Juga: FIBA World Cup 2023 Tim Kuda Hitam Lebanon Persulit Prancis

Namun, Kanada cepat menyesuaikan strategi mereka, terutama dalam pertahanan untuk menghambat efektivitas tembakan tiga angka dari Latvia. Shay Gilgeous-Alexander berperan penting dalam memimpin rekan-rekannya dengan mengamankan rebound, mencuri bola, memberikan assist, serta mencetak enam poin, yang mengantarkan Kanada berbalik unggul dengan skor 43-42.

Kanada semakin mengendalikan pertandingan pada kuarter ketiga. Sebaliknya, Latvia kesulitan mencetak poin seperti di kuarter pertama. Upaya serangan dari Latvia terkendala oleh pertahanan rapat dari Kanada. Ketika mendapat peluang tembakan, bola-bola yang dilepaskan tidak lagi mampu mencapai sasaran dengan baik. Dari delapan tembakan tiga angka yang ditembakkan pada kuarter ini, satu pun tidak berhasil masuk. Akibatnya, Latvia semakin tertinggal dengan skor 57-67.

Tak banyak perubahan pada kuarter keempat. Latvia hanya berhasil mencetak 18 poin sementara kebobolan 34 poin, sehingga akhirnya menyerah dengan skor akhir 75-101.

Halaman:

Editor: Zayyin Multazam Sukri

Sumber: FIBA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x