Juan Mata Bicara Momen Bersejarah Chelsea Juara Liga Champions 2012

- 7 Mei 2024, 19:18 WIB
legenda Chelsea Juara Liga Champions 2012 peter cech
legenda Chelsea Juara Liga Champions 2012 peter cech /Instagram.com/@molatvsport

JURNAL NGAWI - Juan Mata menjadi bagian dalam sejarah emas Chelsea meraih gelar Liga Champions Eropa pada tahun 2012. Pemain Timnas Spanyol itu menceritakan peristiwa bersejarah tersebut bagian dimana Ia jadi satu-satunya yang gagal mencetak gol dalam babak adu penalty.

Mantan bintang Chelsea Juan Mata menjelaskan kegagalan penaltinya di final Liga Champions UEFA 2012 melawan Manuel Neuer. Dia membuka diri kepada FourFourTwo dalam sebuah wawancara eksklusif tentang adu penalti ikonik itu.

The Blues memenangkan gelar UCL pertama mereka malam itu, menantang rintangan dalam adu penalti melawan Bayern Munich di Allianz Arena. Skor tetap 1-1 setelah perpanjangan waktu, tetapi kiper Petr Cech melakukan dua penyelamatan besar dalam adu penalti untuk membantu Chelsea menang 4-3.

Sebelumnya, The Blues berada di ambang kekalahan, dengan Bayern memimpin 1-0 di sebagian besar pertandingan. Namun, pada menit ke-88, Mata melepaskan tendangan sudut ke dalam kotak penalti, dan striker legendaris Pantai Gading Didier Drogba menyundul bola untuk menyamakan skor.

Drogba juga memberikan penalti pada perpanjangan waktu, dan pemain sayap Belanda Arjen Robben mengambil tindakan untuk mengambilnya. Untungnya, mukanya tidak memerah, karena Cech menggagalkan upaya Robben untuk menjaga skor tetap utuh.

Meskipun Mata adalah salah satu kontributor terpenting dalam perjalanan Chelsea ke final, ia adalah satu-satunya pemain yang gagal mengeksekusi penalti dalam adu penalti.

“Ini lucu, karena pelatih kiper kami mengatakan kepada saya bahwa Manuel Neuer akan bergerak ke kiri ketika pemain berkaki kiri mengambil penalti dan saya berencana untuk mendengarkannya dan menempatkannya di sebelah kanannya, tetapi pada menit terakhir saya merasakannya. Neuer akan pergi ke sisi itu dan saya berubah pikiran. Itu sebabnya saya ketinggalan,” jelas Mata.

Baca Juga: Sukses dengan Akademi Manchester City, Chelsea Berburu Next Thiago Silva

Mission Imposibile Chelsea

Mata akan menjadi ikon Chelsea, mengantongi 33 gol dan 57 assist dalam 135 pertandingan di semua kompetisi untuk The Blues.Ikon Chelsea Juan Mata merefleksikan kemenangan mereka di Liga Champions 2012, menyebutnya sebagai keajaiban, dalam wawancara baru-baru ini dengan FourFourTwo.

Halaman:

Editor: Zayyin Multazam Sukri


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah