Rekomendasi Wisata Religi di Blitar: Dari Makam Bung Karno Hingga Masjid Bersejarah

- 19 Juni 2024, 16:52 WIB
Makam Soekarno
Makam Soekarno /Jurnaltrip.pikiran-rakyat.com/Gery Cipta Sebangun

JURNAL NGAWI - Blitar, sebuah kota di Jawa Timur yang terkenal dengan keindahan wisata alam dan buatan, juga menyimpan kekayaan destinasi wisata religi yang tak kalah menarik.

Keberagaman tempat-tempat suci di Blitar menjadikannya unik dibandingkan dengan daerah lain, dengan berbagai titik wisata religi yang tersebar di Kota dan Kabupaten Blitar.

Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata religi di Blitar yang patut Anda kunjungi:

1. Makam Bung Karno

Makam Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno, menjadi ikon Kota Blitar. Kota ini bahkan dikenal sebagai Kota Proklamator karena keberadaan makam Bung Karno.

Banyak peziarah datang untuk mendoakan presiden yang mendapat julukan Putra Sang Fajar ini.

Makam yang terletak di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan ini, tidak hanya menjadi tempat ziarah tetapi juga simbol sejarah dan perjuangan bangsa Indonesia.

2. Petilasan Syekh Subakir

Tidak banyak yang tahu bahwa di Blitar terdapat petilasan seorang ulama asal Persia, Syekh Subakir, yang menyebarkan ajaran Islam sebelum era Wali Songo. Petilasan ini berada di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Tempat ini menyimpan nilai sejarah yang mendalam, sekaligus menjadi destinasi spiritual bagi mereka yang ingin mengenal lebih jauh sejarah penyebaran Islam di tanah Jawa.

3. Masjid Ar Rahman

Masjid Ar Rahman, yang terletak di Kota Blitar, telah menjadi favorit wisatawan. Masjid ini memiliki arsitektur yang menyerupai Masjid Nabawi di Madinah, dengan desain yang menawan dan suasana yang nyaman untuk beribadah.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub