Pemerintah Ungkap Program Bantuan Pangan Akan Diperpanjang Hingga Juni 2024

- 19 Januari 2024, 13:47 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat memantau pemberian bantuan pangan beras bagi KPM di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, Senin, 15 Januari 2024./ANTARA/HO-Gecio Viana
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat memantau pemberian bantuan pangan beras bagi KPM di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, Senin, 15 Januari 2024./ANTARA/HO-Gecio Viana /

JURNAL NGAWI - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengumumkan keputusan pemerintah untuk melanjutkan Program Bantuan Pangan hingga Juni 2024.

Keputusan ini diungkapkan saat kunjungannya ke Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dalam rangka meninjau penyaluran bantuan pangan.

Menurut Menko Airlangga, arahan tersebut berasal dari Presiden, yang menginginkan perpanjangan program untuk memberikan bantuan kepada masyarakat. Dalam keterangan resmi di Jakarta pada hari Senin, Menko Airlangga menjelaskan bahwa setiap bulan, penerima bantuan akan menerima 10 kg beras hingga bulan Juni.

Baca Juga: Cek Bantuan BLT Dana Desa 2024: Panduan Lengkap, Kriteria Penerima, dan Besaran Bantuan

Desa Batu Cermin menjadi saksi penyaluran bantuan pangan kepada 100 orang penerima bantuan pangan (PBP). Sementara itu, untuk Kabupaten Manggarai Barat secara keseluruhan, bantuan pangan tahun 2024 akan dialokasikan kepada 42.808 orang PBP.

Menko Airlangga juga menekankan komitmen pemerintah dalam menjaga ketersediaan Cadangan Beras Pemerintah (CBP), terutama di Provinsi NTT. Perum BULOG Kantor Wilayah NTT menyimpan persediaan CBP sebanyak 9.162 ton, dengan 644,5 ton di Gudang Bulog Batu Cermin.

Dalam dialog langsung dengan para PBP, terungkap bahwa program bantuan pangan sangat membantu masyarakat, khususnya mereka yang berprofesi sebagai pekerja informal. Harapan masyarakat adalah agar bantuan ini dapat terus dilanjutkan.

Baca Juga: Warga Ngawi Siap-siap Terima Bantuan BLT El Nino: Simak Cara Cek Penerima BLT dan Sembako Secara Mudah

Tak hanya itu, dalam kesempatan tersebut, masyarakat juga menyampaikan aspirasi terkait kebijakan pemerintah untuk memperkuat ketahanan pangan di Manggarai Barat. Beberapa kendala seperti perbaikan saluran irigasi yang menyebabkan penurunan produksi beras menjadi perhatian utama.

Halaman:

Editor: Rochmatullah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x