Buruan Cek! Pemerintah Bagi-Bagi BLT Rp 200.000! Cari Tahu Sekarang dan Dapatkan Bantuan!

- 3 Februari 2024, 06:05 WIB
Pemerintah umumkan BLT Rp 200.000 selama 3 bulan bagi 18,8 juta keluarga penerima. Cek kelayakan di cekbansos.kemensos.go.id
Pemerintah umumkan BLT Rp 200.000 selama 3 bulan bagi 18,8 juta keluarga penerima. Cek kelayakan di cekbansos.kemensos.go.id /Jurnal Ngawi /

JURNAL NGAWI - Pemerintah Indonesia telah mengumumkan program bantuan langsung tunai (BLT) senilai Rp 200.000 per bulan selama tiga bulan berturut-turut, dengan total bantuan mencapai Rp 600.000.

Program ini akan dilaksanakan pada bulan Januari, Februari, dan Maret 2024, dan ditargetkan untuk memberikan bantuan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Menurut Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, BLT tersebut bertujuan untuk mengatasi risiko inflasi pangan yang mungkin terjadi akibat perubahan musim panen dan hari besar keagamaan.

Baca Juga: Pemerintah Umumkan BLT Rp200 Ribu per Bulan untuk Mitigasi Risiko Pangan

Langkah ini diambil untuk menjaga daya beli masyarakat di tengah tantangan ekonomi yang ada.

Bantuan tersebut akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia, dengan proses pengecekan penerima yang dapat diakses melalui situs resmi Kemensos. Bagi masyarakat yang ingin memastikan apakah termasuk penerima BLT, langkah-langkah berikut dapat diikuti:

  1. Kunjungi laman cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Masukkan data provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan.
  3. Isi nama Penerima Manfaat (PM) sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  4. Masukkan empat huruf kode yang tertera di kotak kode.
  5. Jika kode kurang jelas, klik "refresh" untuk mendapatkan kode baru.
  6. Klik "cari data".

Baca Juga: Cara Mudah Cairkan BLT BPUM Tahap 1 2024: Penerima Bantuan Tak Perlu Antre di Bank BRI

Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, halaman situs Kemensos akan menampilkan apakah nama yang dimasukkan termasuk dalam golongan penerima BLT Mitigasi Risiko Pangan. Jika termasuk, pada kolom "Bantuan Pangan Non Tunai" atau bantuan sembako akan berstatus "Ya".

Dengan program ini, diharapkan masyarakat yang membutuhkan dapat menerima bantuan secara tepat dan efisien untuk mengatasi dampak ekonomi yang mungkin timbul akibat fluktuasi harga pangan.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x