Isu VAR di Liga 1 Indonesia, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Umuh Muchtar Komentar

- 17 Februari 2023, 16:05 WIB
Asiten wasit nu mingpin Persib vs PSM Makassar dianggap remen salah mere kaputusan offside jeung onside
Asiten wasit nu mingpin Persib vs PSM Makassar dianggap remen salah mere kaputusan offside jeung onside /Kolase FOTO: Instagram.com/@infotipersib

JURNAL NGAWI - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Umuh Muchtar memberi saran soal masalah wasit kepada pengurus PSSI yang baru.

Menurutnya, wasit harus menjadi salah satu fokus utama pengurus PSSI 2023-2027. Ia menyarankan asosiasi wasit direformasi agar meningkatkan profesionalisme kerja.

"Perwasitan kalau bisa bubarkan dulu [asosiasi] wasit. PSSI kalau mau maju harus wasit diutamakan," kata Umuh dilansir dari fanspage Persib.

Baca Juga: Isu Lionel Messi Lanjutkan Pembahasan Kontrak dengan PSG, Messi Bertahan Atau Hengkang?

Ia meminta penerapan Video Assistant Referee (VAR) segera direalisasi dalam kompetisi sepak bola profesional. Menurutnya, adaptasi teknologi perlu dikebut untuk meminimalisasi kesalahan wasit.

"VAR justru itu [harus disegerakan] dengan pengurus [PSSI] yang sekarang. Usahakan tahun ini ada VAR," ujar Umuh Muchtar. 

"Dengan perbaikan sistem kompetisi, penerapan VAR, dan sistem di PSSI pasti muaranya ke prestasi. Dengan ada VAR orang tidak mengelak," kata Umuh menambahkan.

Baca Juga: Shin Tae-yong Enggan Maafkan Thomas Doll, Usai Sebut Pelatih Timnas Indonesia itu Badut

Saat ini mengenai kepemimpinan wasit di Liga 1 seringkali menjadi polemik yang berkepanjangan. 

Halaman:

Editor: Latif Syaipudin

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x