Media Asing Terperangah Lihat Prestasi Shin Tae Yong bersama Timnas Indonesia Bawa 3 Timnas Ke Pentas Asia

- 13 September 2023, 09:43 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong melambaikan tangan kearah suporter usai pertandingan melawan Turkmenistan pada pertandingan grup K kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2024 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/9/2023). Timnas Indonesia U-23 menang atas Turkmenistan dengan skor 2-0 dan memastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 Qatar 2024. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/hp..
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong melambaikan tangan kearah suporter usai pertandingan melawan Turkmenistan pada pertandingan grup K kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2024 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/9/2023). Timnas Indonesia U-23 menang atas Turkmenistan dengan skor 2-0 dan memastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 Qatar 2024. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/hp.. /Antara/MOHAMMAD AYUDHA/

JURNAL NGAWI - Capaian prestasi yang diraih Shin Tae Yong bersama Timnas Indonesia membuat media-media asing beri apresiasi tinggi kepada pelatih asal Korea Selatan itu. Bagaimana tidak, Coach Shin berhasil membawa 3 kategori Timnas bermain di partai puncak Asia.

Kemenangan Timnas Indnesia U-23 atas Turkmenistan U-23 disambut suka cita seluruh pecinta sepakbola tanah air. Untuk pertama kali dalam sejarah, Garuda Muda mampu lolos dari Kualifikasi Piala Asia U-23. Salah satu yang jadi sorotan tentu saja Shin Tae Yong.

Sudah 11 kali Timnas Indonesia U-23 melalui babak kualifikasi Piala Asia, namun selalu berakhir dengan kegagalan. Tapi tahun ini sejarah itu dicetak Rizky Ridho dkk di Stadion Manahan Solo, Selasa 12 September 2023.

 

 Baca Juga: 16 Tim Lolos Kualifikasi Piala Asia U-23 Turkmenistan Menangis Malaysia Unggul Fairplay dari IRAN

Apalagi lawan yang dihadapi Turkmenistan, Timnas yang selalu sulit ditaklukkan anak-anak Garuda di semua pentas. Dua kali pertemuan Timnas Indonesia selalu kalah dari Turkmenistan, tapi malam tadi anak didik STY membalikkan catatan buruk itu jadi raihan manis.

Media-media asing menyoroti keberhasilan Shin Tae Yong selama 4 tahun bisa menyulap Timnas Indonesia yang hanya berkutat di level Asia Tenggara kini menjejakkan kaki ke level yang lebih tinggi yakni Piala Asia.

Media Vietnam TheTao247 mengapresiasi keberhasilan pelatih asal Korea Selatan itu membawa Timnas Indonesia dari berbagai kelompok usia mentas ke Level Asia.

Pertama, STY berhasil membawa Timnas Indonesia U-19 lolos Piala Asia 2023 lewat jalur kualifikasi. Meskipun Garuda Nusantara tak mampu lolos dari babak grup.

Halaman:

Editor: Zayyin Multazam Sukri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x