Winger Persija Jakarta Riko Simanjuntak Kritik Wasit Liga 1 Indonesia: Tunggu Pemain Patah dahulu

- 3 Oktober 2023, 06:16 WIB
Riko Simanjuntak saat protes terhadap wasit
Riko Simanjuntak saat protes terhadap wasit /Tangkapan Persija.id

JURNAL NGAWI - Winger Persija Jakarta Riko Simanjuntak mengkritik kepemimpinan wasit Liga 1. Menurutnya, para pengadil itu menunggu kaki pemain patah dahulu, baru mengambil keputusan tegas.

Kemarahan Riko dilontarkan usai Persija ditahan 1-1 oleh Bali United pada lanjutan Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (24/9/2023) malam WIB. Pertandingan itu memang diwarnai berbagai keputusan kontroversial wasit Aidil Azmi.

Baca Juga: Pelatih Madura United Mauricio Souza Kritisi Wasit Pemimpin Laga vs Borneo FC di Liga 1 Indonesia

Salah satu yang jadi sorotan adalah ketika wasit tak memberikan penalti saat bek Bali United menjatuhkan gelandang Persija Witan Sulaeman di kotak terlarang pada babak pertama. Wasit hanya memberikan tendangan bebas dari luar kotak.

Selain itu, ofisial pertandingan juga hanya memberi tambahan waktu lima menit, padahal banyak waktu yang terbuang di laga tersebut. Kondisi ini memicu kekesalan para pemain Persija.

Riko menyebut, kinerja wasit di bawah standar tidak terjadi satu atau dua kali. Menurutnya, wasit tidak pernah menggubris protes para pemain dengan layak.

Riko menilai, wasit Liga 1 tak menjaga keamanan setiap pemain dalam pertandingan yang dipimpinnya.

Baca Juga: Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares Sesalkan Kinerja Wasit Saat vs Borneo FC di Liga 1 Indonesia

“Benar kata pelatih. saya juga sempat ngomong ke wasit beberapa kali kalau saya ditarik. Saya bicara ke wasit ‘apa kamu tidak lihat? Bagaimana kamu memimpin (pertandingan)?’ Katanya ‘enggak kamu cuma jatuh’. Saya juga sempat diinjak di kotak penalti lawan Madura (United),” kata Riko pada konferensi pers, Minggu (24/9/2023).

Halaman:

Editor: Latif Syaipudin

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x