Bansos Rp 600.000 segera cair setelah Lebaran, Berikut Daftar Bansos Yang Akan Cair Bulan Ini

- 15 April 2024, 11:45 WIB
Info bansos terbaru BPNT April 2024. 2.400.000 Cair Bulan Ini! Begini Syarat Jadi Penerima BPNT 2024
Info bansos terbaru BPNT April 2024. 2.400.000 Cair Bulan Ini! Begini Syarat Jadi Penerima BPNT 2024 /

JURNAL NGAWI - Keluarga Penerima Manfaat (KPM) merasakan kebahagiaan setelah mendengar bahwa pemerintah akan kembali menyalurkan bantuan sosial (Bansos) setelah Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Mereka melihat ini sebagai berkah karena bantuan tersebut diharapkan dapat membantu mereka menghadapi lonjakan harga kebutuhan pokok belakangan ini.

Bansos setelah Lebaran dapat berupa bantuan pangan, bantuan tunai, atau bantuan lainnya yang bertujuan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat.

Program ini seringkali dilakukan secara berkala sesuai dengan kebijakan pemerintah dan kondisi sosial-ekonomi yang ada.

Daftar Jenis Bansos yang Akan Segera Cair Setelah Lebaran:

1. Bantuan Beras 10 KG Bantuan ini dianggarkan dengan dana sebesar Rp 17,5 triliun. Program ini telah berlangsung tiap bulan hingga Juni 2024, dengan target penerima mencapai 22 juta KPM yang terbagi dalam 3 desil.

2. Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) PKH akan kembali dicairkan setelah Idul Fitri. Bantuan ini bertujuan untuk menunjang kebutuhan dasar para penerima. Pencairan PKH dilakukan secara tunai di kantor pos, dengan penyaluran triwulan kedua.

3. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) BPNT memberikan bantuan yang signifikan bagi KPM dalam memenuhi kebutuhan pangan. Pencairan bantuan ini telah dilakukan sebelum Idul Fitri dan akan diteruskan pasca-lebaran.

4. Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mitigasi Awalnya dijanjikan akan dicairkan sebelum Idul Fitri, pemerintah telah menjadwalkan ulang penyaluran BLT Mitigasi. Menko Airlanga Hartarto mengonfirmasi bahwa bantuan ini akan cair dalam Semester I 2024, dengan nominal Rp 600.000 per bulan selama April, Mei, dan Juni 2024.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x