Profil Ademola Lookman, Pemain Atalanta Pencetak Hattrick ke Gawang Bayer Leverkusen

- 23 Mei 2024, 14:00 WIB
Ademola Lookman, pemain Atalanta yang mencetak hattrick di final Liga Eropa.
Ademola Lookman, pemain Atalanta yang mencetak hattrick di final Liga Eropa. /Reuters/Paul Childs/REUTERS

JURNAL NGAWI - Atalanta BC berhasil menjuarai Liga Eropa 2024 setelah mengalahkan klub asal Jerman, Bayer Leverkusen. Kemenangan ini tidak hanya membawa kebanggaan bagi tim asuhan Gian Piero Gasperini, tetapi juga mematahkan rekor Bayer Leverkusen yang sebelumnya tidak terkalahkan dalam 51 pertandingan di semua kompetisi.

Pertandingan final yang berlangsung sengit tersebut berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan Atalanta, di mana seluruh gol dicetak oleh Ademola Lookman, yang dinobatkan sebagai Man of the Match.

Penampilan memukau Lookman di final Liga Eropa membuat banyak orang penasaran dengan sosok pemain berusia 26 tahun ini. Berikut adalah profil dan perjalanan karier Ademola Lookman.

Baca Juga: Atalanta Raih Gelar Juara Liga Europa Setelah Bungkam Bayer Leverkusen 3-0 di Final

Profil Ademola Lookman

Ademola Lookman lahir di London, Inggris, pada 20 Oktober 1997. Orangtuanya merupakan imigran asal Nigeria, sehingga Lookman memiliki hak untuk membela Timnas Inggris maupun Nigeria. Di level kelompok umur, Lookman bermain untuk Timnas Inggris, namun ia memilih membela negara nenek moyangnya, Nigeria, ketika mencapai timnas senior.

Lookman berposisi sebagai winger dan memiliki tinggi badan 174 sentimeter. Dia bergabung dengan Atalanta dari RB Leipzig pada tahun 2022 dengan kontrak berdurasi empat tahun, yang berarti ia akan berstatus bebas transfer pada 2026 jika tidak menandatangani perpanjangan kontrak.

Baca Juga: Ternyata Mauricio Pochettino Tinggalkan Chelsea untuk Melatih Manchester United, Ten Hag Akan Dipecat

Perjalanan Karier

Lookman memulai karier sepak bolanya sejak tahun 2015. Pada awal kariernya, ia bermain untuk Charlton Athletic selama dua tahun sebelum pindah ke Everton pada tahun 2017. Selama membela Everton, Lookman sempat dipinjamkan ke RB Leipzig, yang kemudian memutuskan untuk memermanenkan statusnya pada tahun 2019.

Namun, setelah bergabung secara permanen dengan Leipzig, Lookman justru dipinjamkan kembali ke klub Liga Inggris, Fulham, selama satu musim, dan kemudian ke Leicester City juga selama satu musim. Selama masa pinjamannya di Leicester, Lookman mencetak delapan gol dalam 42 penampilan.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah