Riset Ungkap: Berkendara di Malam Hari Dapat Menenangkan Hati dan Pikiran Sejenak

- 2 April 2024, 00:22 WIB
Ilustrasi tips berkendara motor malam hari supaya selamat sampai tujuan
Ilustrasi tips berkendara motor malam hari supaya selamat sampai tujuan /Skitterphoto/pixabay

JURNAL NGAWI - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Asda Money telah mengungkapkan bahwa berkendara di malam hari memiliki potensi untuk menenangkan hati dan pikiran sejenak.

Survei yang melibatkan 1000 pemotor menyoroti efek positif dari aktivitas ini, terutama saat dilakukan dengan kesadaran dan tujuan untuk dinikmati, bukan sekadar sebagai sarana transportasi biasa.

Alasan utama dari responden yang menikmati berkendara sepeda motor termasuk rasa kebebasan (59%), sensasi mengendarai sepeda (40%), dan kemampuan untuk bepergian (34%).

Baca Juga: Bukan Hanya Islam, 4 Agama Ini Juga Punya Tradisi Puasa

Namun, yang menarik adalah temuan bahwa beberapa pengendara mengungkapkan bagaimana aktivitas ini juga membantu mereka dalam mengatasi kecemasan dan/atau depresi.

Berikut adalah lima efek positif dari berkendara sepeda motor terhadap kesehatan mental:

  1. Mengurangi Stres: Berkendara di malam hari memberikan kesempatan bagi pemotor untuk meredakan stres dan ketegangan yang mungkin mereka alami sepanjang hari.

  2. Menenangkan Pikiran: Suasana malam yang tenang dan pemandangan yang indah dapat membantu mengalihkan pikiran dari kekhawatiran sehari-hari, memberikan ruang untuk ketenangan batin.

  3. Merangsang Endorfin: Sensasi mengendarai sepeda motor secara fisik dapat merangsang pelepasan endorfin dalam tubuh, yang dapat meningkatkan suasana hati dan meredakan perasaan cemas.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x