5 Pemain Naturalisasi di Era Shin Tae Yong Bukti Kejelian Pelatih Korea Melihat Bakat Pemain?

- 30 Oktober 2023, 18:43 WIB
Inilah bukti kesuksesan naturalisasi pemain di bawah Shin Tae-yong
Inilah bukti kesuksesan naturalisasi pemain di bawah Shin Tae-yong /

JURNAL NGAWI - Lima pemain ini membuat permainan Timnas Indonesia lebih berwarna. Apakah naturalisasi pemain di era Shin Tae yong ini menjadi bukti kejelian pelatih Korea Selatan itu?

PSSI di bawah arahan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, telah mencapai berbagai pencapaian bersejarah dalam pengembangan Timnas Indonesia.

Salah satu pendekatan yang mereka terapkan adalah naturalisasi pemain, yang telah memicu beragam respons di kalangan penggemar sepakbola tanah air.

Terlepas dari kontroversi yang muncul, berikut adalah beberapa bukti suksesnya naturalisasi pemain era Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Baca Juga: Fakta Menarik Timnas Indonesia vs Irak, Catatan Statistik Timnas Garuda Lebih Mentereng

Marc Klok

Pemain naturalisasi pertama yang harus dibicarakan adalah Marc Klok. Memiliki keterkaitan dengan status WNI yang agak rumit, Klok akhirnya berhasil memenuhi persyaratan tinggal lima tahun di Indonesia dan resmi menjadi WNI. Setelah naturalisasi selesai, dia segera menjadi pemain kunci di lini tengah Timnas Indonesia yang dilatih oleh Shin Tae-yong.

Keberhasilannya di Timnas Senior tidak berhenti di situ. Marc Klok juga memberikan kontribusi berharga di Timnas U-23, membantu Indonesia meraih medali perunggu di ajang Sea Games 2022. Perannya sebagai gelandang bertahan tidak tergantikan, terutama dalam eksekusi tendangan bebas jarak menengah.

Baca Juga: Erick Thohir Tegaskan Promosi-Degradasi Liga 1 Tetap Tiga Tim

Halaman:

Editor: Zayyin Multazam Sukri


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x