Cara Memulai Bisnis Waralaba yang Sederhana dan Mudah Dipraktekkan

- 19 Januari 2022, 19:06 WIB
Ilustrasi  Bisnis Waralaba
Ilustrasi Bisnis Waralaba /Ashari/Arahkata

JURNAL NGAWI - Bisnis waralaba atau sering disebut franchise kini semakin menjamur di Indonesia. Bisnis ini menarik karena kesederhanaannya, dimana segala kebutuhan bisnis sudah disediakan oleh franchisor sehingga investor hanya perlu menanamkan dana saja.

Kenali Dahulu Sistem Waralaba. Sebelum memulai bisnis waralaba, sebaiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu waralaba dan bagaimana sistem yang diterapkannya.

Pada dasarnya, waralaba (franchise) adalah ikatan bisnis dimana salah satu pihak diberi kebebasan untuk menggunakan hak dalam penyediaan dan pemanfaatan barang atau jasa yang dimiliki pihak lainnya. Pemberi waralaba disebut juga dengan franchisor dan penerimanya disebut franchisee.

Baca Juga: Cara Menurunkan Demam Anak Dengan Bahan Alami Tanpa Obat

Bisnis waralaba biasanya dilakukan dengan pertukaran uang dengan perjanjian untuk menjalankan bisnis terkait dalam jangka waktu tertentu. Finansialku akan membantu menjabarkan kepada Anda beberapa tips jitu untuk menjalani bisnis waralaba yang sukses.

Pertama, tentukan Bidang yang Anda Minati
Sebelum Anda memilih bisnis waralaba, telusuri terlebih dahulu minat dan keterampilan Anda. Jangan sampai Anda memilih bidang yang tidak Anda sukai dan kuasai, karena tidak akan berujung kesuksesan.

Salah satu kelebihan bisnis waralaba adalah Anda dapat menyumbangkan ide-ide menarik yang menurut Anda akan memperbesar bisnis Anda yang tidak dapat Anda sampaikan saat Anda bekerja di sebuah perusahaan. Jika Anda memahami minat dan kemampuan Anda, maka Anda dapat memberi kontribusi lebih dalam pengembangan bisnis waralaba yang Anda jalani.

CaBaca Juga: Cara Mengobati Sakit Gigi yang Terbukti dan Ampuh

Kedua, perhitungkan Biaya Bisnis yang Dibutuhkan
Jika Anda sudah menentukan bisnis waralaba yang Anda inginkan, maka Anda harus mulai memperhitungkan berapa banyak biaya yang harus Anda siapkan untuk menjalankan bisnis tersebut. Bisnis waralaba tentunya beragam dari yang membutuhkan modal sedikit hingga modal yang sangat besar. Yang perlu diingat adalah modal besar belum menjamin kesuksesan bisnis Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan keunikan produk atau jasa yang akan ditawarkan dan mencari tahu bagaimanakah potensi bisnis waralaba tersebut melalui kinerja cabang-cabang lainnya. Jika ternyata bisnis waralaba yang Anda pilih sudah berdiri sejak lama dan terus berkembang di seluruh dunia, mungkin terdapat potensi besar di baliknya.

Halaman:

Editor: Anwar Thohir

Sumber: ifra-indonesia.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah