BPNT Maret 2024 Akan Cair pada Bulan Ramadhan, Berikut Jadwal Pencairanya?

- 2 Maret 2024, 19:42 WIB
IIlustrasi Dana BPNT Maret 2024
IIlustrasi Dana BPNT Maret 2024 /Pixels/Ahsanjayalustrasi

JURNAL NGAWI - Seiring dengan mendekatnya bulan suci Ramadhan, masyarakat miskin dan rentan di seluruh Indonesia tengah menantikan pencairan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk bulan Maret 2024.

BPNT, yang telah menjadi penyelamat bagi banyak keluarga penerima manfaat (KPM), memberikan bantuan sebesar Rp 200 ribu setiap bulannya untuk memperkuat kesejahteraan dan ketahanan pangan.

Namun, kapan tepatnya BPNT Maret 2024 akan cair? Ini menjadi pertanyaan yang mengemuka, terutama mengingat bulan Maret akan menjadi bulan puasa bagi umat Muslim di seluruh negeri. Diprediksi tanggal 1 Ramadhan akan jatuh pada tanggal 11 Maret 2024.

Tidak ada tanggal pasti yang ditetapkan untuk pencairan BPNT bulan Maret 2024, karena kebijakan penyaluran di setiap daerah dapat berbeda.

Baca Juga: Terbaru! Bantuan Bansos Maret 2024: BPNT dan BLT Mitigasi Risiko Pangan Disalurkan Bersamaan,Simak Jadwalnya?

Ada daerah yang menyalurkan bantuan sebesar Rp 200 ribu per bulan, sementara ada yang mencairkan dana sebesar Rp 600 ribu dengan periode salur 3 bulan sekaligus, yaitu Januari hingga Maret.

Dalam situasi ini, KPM pun ingin memastikan bahwa bantuan tersebut dapat segera digunakan untuk membeli bahan pokok menjelang bulan puasa.

Untuk memeriksa apakah BPNT Maret 2024 sudah cair atau belum, KPM dapat menggunakan beberapa cara, salah satunya melalui cek saldo Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di bank BNI atau BRI.

Untuk cek saldo KKS BNI, KPM dapat mengirimkan SMS dengan format SALDO [spasi] Nomor KKS ke nomor 3346. Sebagai contoh, KPM dapat mengirimkan pesan dengan format SALDO 1234567890123456. KPM akan menerima balasan SMS yang berisi informasi saldo KKS BNI.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah