5 Fakta Menarik, Es Dawet Jabung, Kuliner Khas Ponorogo yang Memikat Lidah

- 2 April 2024, 20:00 WIB
Dawet Jabung tebarkan rasa istimewa yang gurih
Dawet Jabung tebarkan rasa istimewa yang gurih /Instagram/@eastjavatripid

JURNAL NGAWI - Saat Anda mengunjungi Kota Ponorogo, pastikan untuk mencicipi kuliner uniknya yang telah memikat lidah banyak orang.

Salah satu kuliner yang harus Anda coba adalah Es Dawet Jabung, yang begitu populer di kalangan penduduk setempat.

Berikut adalah 5 fakta menarik mengenai Es Dawet Jabung yang membuatnya begitu istimewa:

  1. Asal Usul Nama dan Lokasi: Nama Jabung diambil dari desa asal kuliner ini, yaitu Desa Jabung, terletak di Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo. Desa Jabung telah lama dikenal sebagai kampung Dawet Jabung karena menjadi pusat penjualan kuliner lezat ini.

  2. Akses yang Mudah: Untuk mencapai Desa Jabung sangatlah mudah karena terletak di jalur utama masuk ke Kota Ponorogo melalui Kabupaten Trenggalek. Jika Anda datang dari Kota Madiun, arahkan langkah Anda ke arah Kota Ponorogo, dan lanjutkan menuju Universitas Darussalam Gontor. Selama perjalanan, Anda akan melihat banyak warung kecil yang menjual Es Dawet Jabung.

  3. Cita Rasa yang Istimewa: Es Dawet Jabung memiliki cita rasa yang unik. Dibuat dengan cendol dari tepung aren atau sagu, santan kelapa, air gula merah atau juruh (dalam bahasa Jawa) yang memberikan rasa manis dan gurih, serta isian tape ketan hitam yang memberikan sensasi rasa asam yang unik.

  4. Penyajian Khas: Keunikan Es Dawet Jabung tidak hanya terletak pada rasanya, tetapi juga dalam penyajiannya. Ketika mangkuk Dawet disajikan, ada tatakan atau lepek (dalam bahasa Jawa) yang tidak boleh diambil oleh pembeli. Hanya mangkoknya yang boleh diambil. Hal ini berhubungan dengan kepercayaan turun temurun di masyarakat setempat, yang jika tatakan diambil oleh pembeli, maka pembeli harus menikahi penjual Dawet Jabung tersebut.

  5. Harga Terjangkau: Meskipun memiliki cita rasa dan keunikan tersendiri, harga semangkuk Es Dawet Jabung sangat terjangkau, mulai dari hanya Rp 4.000 saja. Hal ini menjadikan kuliner ini sangat populer di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan.

Es Dawet Jabung tidak hanya menjadi kuliner lezat, tetapi juga warisan budaya yang perlu dilestarikan.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x