Sejarah Sepak Bola Dunia, Lahirnya Organisasi FIFA, dan Gelaran Piala Dunia Pertama

- 1 Januari 2022, 21:28 WIB
Kapten Carlos Alberto Torres memegang trofi Jules Rimet setelah kemenangan Brasil di Piala Dunia 1970.
Kapten Carlos Alberto Torres memegang trofi Jules Rimet setelah kemenangan Brasil di Piala Dunia 1970. /Jurnal Ngawi/Gambar Britannica/Gianni Foggia—AP/Shutterstock.com

JURNAL NGAWI - Apa itu permainan sepak bola? sepak bola merupakan permainan asosiasi dengan dua tim masing-masing tim terdiri 11 pemain, dengan cara memainkan bola menggunakan bagian tubuh kecuali tangan dan lengan, masukkan bola ke keranjang gawang tim lawan. Hanya menjaga gawang yang diizinkan untuk memegang bola dan hanya boleh melakukannya di dalam area penalti di sekitar gawang. Tim yang mencetak lebih banyak gol menang.

Sepak bola permainan adalah bola paling populer di dunia dalam jumlah peserta dan penonton. Sederhana dalam aturan utama dan peralatan penting, olahraga ini dapat dimainkan hampir di mana saja, mulai dari lapangan resmi (lapangan) hingga gimnasium, jalan, taman bermain sekolah, taman, atau pantai.

Badan pengatur sepak bola, theFédération Internationale de Football Association (FIFA), memperkirakan bahwa pergantian abad ke-21 ada sekitar 250 juta pemain sepak bola dan lebih dari 1,3 miliar orang "tertarik" pada sepak bola; pada tahun 2010 berkumpul pemirsa televisi lebih dari 26 miliar menonton turnamen utama sepak bola dalam putaran final Piala Dunia empat tahunan selama sebulan.

Sejarah permainan sepak bola
Tahun-tahun awal sepak bola
modern berasal dari Inggris pada abad ke-19. Sejak sebelum abad pertengahan, “permainan sepak bola rakyat telah dimainkan di kota-kota dan desa-desa menurut adat setempat dan aturan minimum.

Pada awal tahun 1843 upaya untuk membakukan dan mengkodifikasi aturan utama yang dilakukan diUniversity of Cambridge, yang siswanya bergabung dengan sebagian besar sekolah umum pada tahun 1848 dalam mengadopsi "Aturan Cambridge," yang selanjutnya disebarkan oleh lulusan Cambridge yang membentuk klub sepak bola.

Liga profesionalisme sepakbola dibentuk pertama di Belanda pada tahun 1889, tetapi profesionalisme baru muncul pada tahun 1954. Kemudian liga profesional baru dimulai pada tahun 1932, tak lama setelah profesionalisme diadopsi di negara-negara Amerika Selatan, Argentina dan Brasil.

Organisasi Internasional
Pada awal abad ke-20, sepak bola telah menyebar ke seluruh Eropa, untuk mengakomodir permainan sepak bola internasional akhirnya dibentuk pada tahun 1904.

Negara yang masuk pada organisasi tersebut antara lain, dari Asosiasi sepak bola Belgia, Denmark, Prancis, Belanda, Spanyol, Swedia, dan Swiss berdirilah organisasi sepak bola internasional yang diberi nama Fédération Internationale de Football Association (FIFA).

Dan pada abad ke-21, lebih dari 200 negara akhirnya tercatat masuk dalam anggota FIFA, lebih banyak dari jumlah negara yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Piala Dunia Pertama
Piala dunia pertama Pada 13 Juli 1930, Prancis mengalahkan Meksiko 4-1 dan Amerika Serikat mengalahkan Belgia 3-0 dalam pertandingan sepak bola Piala Dunia yang pertama dimainkan secara serentak di kota tuan rumah Montevideo, Uruguay. Sejak saat itu Piala Dunia menjadi acara olahraga yang paling banyak ditonton di dunia.***

Halaman:

Editor: Anwar Thohir

Sumber: Britannica.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x