Perbedaan Posisi Pemain Voli Spiker, Outside Hitter, dan Opposite Hitter Apa Tugas dan Perannya di Lapangan?

- 23 Oktober 2023, 13:35 WIB
Rivan Nurmulki spiker andalan tim voli Indonesia
Rivan Nurmulki spiker andalan tim voli Indonesia /Instagram/@surabayasamator

JURNAL NGAWI - Ketahui lebih jauh apa tugas dan peran posisi pemain voli Spiker, Outside Hitter, dan Opposite Hitter pada artikel ini. Perkembangan dunia olahraga terus berkembang secari taktik dan aturan permainan tidak terkecuali pada dunia bola voli.

Volimania tentunya sering mendengar istilah outside hitter, opposite hitter, atau spiker dalam dunia bola voli.

Banyak yang bertanya apa posisi yang diperanan pemain dengan sebutan di atas dalam sebuah permainan bola voli? Siapa saja contoh pemain terbaik di posisi tersebut?

Saat ini sudah banyak kompetisi bola voli yang bisa kita saksikan baik di level klub maupun negara. Hal ini tidak terlepas dari antusias tinggi para penikmat olahraga bola tangan ini.

Tahun ini kompetisi skala internasional mulai dari SEA Games, Volleyball Nations League (VNL), AVC Chellenger, Proliga, hingga Livoli. Ada sebutan-sebutan baru dalam posisi bermain pemain voli di kompetisi tersebut. Seperti hitter, opposite, dig, quicker, dan setter.

Baca Juga: 4 Posisi Pemain Bola Voli dan Tugasnya Wajib Anda Ketahui Spiker, Outside Hitter, Opposite, Libero, Blocker

Pada artikel ini kita akan membahas posisi, tugas dan peran pemain voli untuk spiker, outside hitter, dan opposite hitter.

Dilansir dari situs resmi FIVB, posisi pemain voli ada 4, yakni pemain bertahan, menyerang, pengatur serangan, dan servis. Namun, dalam perkembangan permainan di lapangan mereka mendapatkan peran yang berbeda-beda.

Pada permainan bola voli terdiri dari 6 pemain melawan 6 pemain di dalam lapangan. Mereka menempati 3 posisi di belakang garis tengah lapangan, dan 3 pemain di bawah net atau depan lapangan.

Halaman:

Editor: Zayyin Multazam Sukri

Sumber: FIVB


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah