Timnas Indonesia U23 Tertahan di Perjalanan Menuju Olimpiade Paris 2024 Setelah Kekalahan dari Irak

- 3 Mei 2024, 03:11 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-23, Ivar Jenner selebrasi usai cetak gol ke gawang Irak.
Pemain Timnas Indonesia U-23, Ivar Jenner selebrasi usai cetak gol ke gawang Irak. /AFC/

JURNAL NGAWI - Indonesia telah menunda harapan meraih tiket untuk berkompetisi di Olimpiade Paris 2024 setelah mengalami kekalahan mengejutkan dari Irak dengan skor 1-2 dalam pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, pada Kamis lalu.

Garuda Muda, julukan tim nasional U-23 Indonesia, sebelumnya memimpin lewat gol Ivar Jenner pada menit ke-19, namun keunggulan ini tidak bertahan lama.

Irak menyamakan kedudukan melalui gol Zaid Tahseen Hantoosh pada menit ke-27. Kemudian, dalam tambahan waktu, Irak berhasil membalikkan keadaan melalui gol Ali Jasim, mengakhiri harapan Indonesia untuk merebut tempat ketiga.

Meskipun mencatat dominasi dalam penguasaan bola sebesar 52 persen, Indonesia kalah dalam menciptakan peluang.

Baca Juga: Garuda Muda Masih Ada Peluang Lolos ke Olimpiade 2024 Jalur playoff melawan Guinea

Dari 17 peluang yang diciptakan Indonesia, hanya dua di antaranya tepat sasaran. Sementara Irak, dengan 22 peluang yang diciptakan, berhasil mengarahkan tujuh di antaranya tepat sasaran, termasuk dua gol ke gawang Ernando Ari.

Pelatih timnas U-23 Indonesia, Shin, berusaha mempertajam lini serang dengan memasukkan Ramadhan Sananta menggantikan Witan. Namun, upaya tersebut tidak mampu mengubah keadaan, dan Indonesia harus mengakui keunggulan Irak.

Dengan kekalahan ini, Indonesia harus menjalani pertandingan playoff melawan Guinea, tempat keempat Piala Afrika U23 2023, pada 9 Mei mendatang di Prancis. Sementara Irak, sebagai peringkat ketiga Piala Asia U-23, bergabung dengan Jepang dan Uzbekistan untuk melaju ke Olimpiade Paris 2024.

Pertandingan playoff melawan Guinea akan menjadi ujian berat bagi Garuda Muda dalam perjalanan mereka menuju Olimpiade.

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah